Kompas TV internasional kompas dunia

20 Desember Diperingati Sebagai Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional, Ini Sejarah dan Temanya

Kompas.tv - 20 Desember 2023, 07:16 WIB
20-desember-diperingati-sebagai-hari-solidaritas-kemanusiaan-internasional-ini-sejarah-dan-temanya
Ilustrasi Hari Kemanusiaan Solidaritas Internasional (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Setiap tanggal 20 Desember diperingati sebagai Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional,  mendorong pemerintah di seluruh dunia untuk merenungkan komitmennya terhadap perjanjian internasional yang bertujuan memerangi kemiskinan.

Pada hari ini, setiap masyarakat di seluruh dunia dihimbau untuk terlibat dalam diskusi bermakna tentang cara mempromosikan solidaritas dan merancang metode inovatif untuk menghapuskan kemiskinan dari lanskap global kita.

Dikutip dari laman Oliveboard.in, Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional dipromosikan melalui berbagai saluran media, termasuk artikel majalah, pidato di acara resmi, dan blog web.

Individu, kelompok, dan organisasi yang berkomitmen pada solidaritas universal memanfaatkan platform-platform ini untuk menyebarkan kesadaran dan mendorong partisipasi aktif dalam inisiatif yang mendorong budaya tanggung jawab bersama.

Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional merupakan sebuah pengamatan global, namun tidak dijadikan sebagai hari libur. Meskipun demikian, dampaknya meluas melampaui batas-batas negara, dan melibatkan orang-orang dari berbagai latar belakang dalam kegiatan yang berkontribusi pada dunia yang lebih bersatu dan penuh kasih.

Baca Juga: Tanggapi Perang Hamas vs Israel, Anwar Ibrahim: Malaysia Kekal Bersolidaritas dengan Palestina

Sejarah Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional

Solidaritas, yang didefinisikan sebagai persatuan kepentingan, tujuan, atau simpati di antara anggota kelompok, mendapatkan perhatian yang meningkat pada abad ke-21 sebagai nilai penting dalam hubungan internasional.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang didirikan atas prinsip-prinsip persatuan dan harmoni, mengakui kebutuhan akan solidaritas internasional untuk mencapai Tujuan Pembangunan Milenium.

Pada tanggal 22 Desember 2005, Majelis Umum PBB secara resmi mendeklarasikan tanggal 20 Desember sebagai Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional.


 

Acara tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang memajukan agenda pembangunan internasional dan pentingnya pemahaman global dalam memerangi kemiskinan.



Sumber : Oliveboard.in


BERITA LAINNYA



Close Ads x