Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Buka Peluang Perpanjang Kesepakatan Gencatan Senjata, Tapi Gempuran Tidak Akan Berhenti

Kompas.tv - 29 November 2023, 12:53 WIB
israel-buka-peluang-perpanjang-kesepakatan-gencatan-senjata-tapi-gempuran-tidak-akan-berhenti
Israel hari Selasa, (28/11/2023) buka peluang perpanjang gencatan senjata usai pembebasan penuh wanita dan anak, yaitu pembebasan sandera laki-laki, dan memulai pembicaraan lebih lanjut tentang fase berikutnya dari kesepakatan yang potensial. (Sumber: Anadolu)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

TEL AVIV, KOMPAS.TV - Seiring dengan kepulangan kelompok kelima dari 10 sandera Israel yang dibebaskan dari Gaza pada Selasa malam (28/11/2023), para negosiator Israel berada di Qatar untuk membahas kemungkinan perpanjangan kesepakatan gencatan senjata. Rencana ini dapat melibatkan pembebasan lebih banyak sandera sipil, terutama perempuan dan anak-anak, dalam beberapa hari ke depan.

Percakapan para negosiator juga dilaporkan sedang berlangsung mengenai kerangka kerja lebih luas yang melibatkan pembebasan sandera laki-laki, seperti yang dilaporkan oleh Times of Israel, Rabu (29/11/2023).

Gencatan senjata sementara yang dimulai hari Jumat lalu itu saat ini memasuki hari kelima dan dijadwalkan untuk diperpanjang menjadi hari keenam seiring pembebasan 10 sandera tambahan hari Rabu, (29/11/2023)

Bos mata-mata Israel Mossad, David Barnea, berada di Doha hari Selasa untuk berbicara dengan Direktur CIA William Burns, Bos Intelijen Mesir Abbas Kamel, Perdana Menteri Qatar Mohammed Bin Abdul Rahman al-Thani, dan pejabat Qatar lainnya.

Mereka  membahas lebih lanjut mengenai sandera yang ditahan oleh Hamas dan kelompok lainnya di Gaza sejak serangan pada 7 Oktober.

Sumber Qatar menyatakan pembicaraan bertujuan "untuk membangun diatas kemajuan kesepakatan gencatan senjata kemanusiaan yang diperpanjang dan memulai pembicaraan lebih lanjut tentang fase berikutnya dari kesepakatan yang potensial," seperti dilaporkan oleh France24.

Perhatian Direktur CIA William Burns diperkirakan termasuk pembebasan warga Amerika Serikat di antara sandera dan mempertahankan peluang pembebasan secara keseluruhan, yang bisa mengarah pada pembebasan sandera pria dan anggota keamanan Israel, kata pejabat AS kepada Associated Press.

Sementara itu, Barnea dikabarkan menyampaikan bahwa Israel tidak akan setuju untuk berbicara tentang kesepakatan sandera baru sebelum kesepakatan saat ini sepenuhnya dilaksanakan, kata pejabat Israel kepada Axios hari Selasa, (28/11/2023).

"Mungkin akan memungkinkan untuk mencapai kesepakatan terpisah seputar kelompok sandera lainnya, tetapi Israel menjelaskan dengan jelas itu hanya bisa terjadi setelah kesepakatan saat ini sepenuhnya dilaksanakan dan semua perempuan dan anak-anak dibebaskan," kata pejabat yang tidak disebutkan namanya  tersebut, seperti dilaporkan oleh Axios.

Baca Juga: Putaran ke-5 Pertukaran Tawanan: Hamas Lepas 10 Sandera, Israel Bebaskan 30 Tahanan

Perdana Menteri dan Menlu Qatar, Mohammed bin Abdulrahman al Thani memimpin perundingan konflik Israel - Hamas bersama Mesir dan Amerika Serikat. Israel hari Selasa, (28/11/2023) buka peluang perpanjang gencatan senjata usai pembebasan penuh wanita dan anak, yaitu pembebasan sandera laki-laki, dan memulai pembicaraan lebih lanjut tentang fase berikutnya dari kesepakatan yang potensial. (Sumber: AP Photo)

Gencatan senjata awal selama empat hari, yang merupakan yang pertama dalam lebih dari tujuh minggu perang Israel melawan Hamas, dimulai pada Jumat dan seharusnya berakhir pada hari Senin, namun diperpanjang selama dua hari.

Sejak Jumat lalu hingga Selasa malam, (28/11/2023), Hamas total telah melepaskan 81 sandera, sebagian besar adalah warga negara Israel. Pembebasan sandera pada hari Selasa membawa total menjadi 60 orang Israel yang dibebaskan selama gencatan senjata ini, serta seorang pria Israel-Rusia yang dibebaskan sebagai gestur kepada Moskow, dan 18 warga asing yang terdiri dari 17 orang Thailand dan satu orang Filipina, yang dibebaskan sebagai bagian dari kesepakatan yang diperantarai oleh Iran.

Kesepakatan awal menetapkan bahwa gencatan senjata dapat diperpanjang selama beberapa hari, hingga total 10 hari, termasuk empat hari pertama, jika Hamas membebaskan setidaknya 10 sandera tambahan setiap hari. Pada saat yang sama, Israel membebaskan lebih banyak tahanan Palestina dengan rasio tiga tahanan untuk setiap sandera.

Hingga Selasa malam, Israel membebaskan 180 perempuan dan anak-anak Palestina yang masih di bawah umur yang menjalani hukuman di penjara Israel atas tindak keamanan, dan diharapkan akan membebaskan 30 orang lagi, semuanya perempuan dan di bawah umur, jika Hamas membebaskan 10 sandera Israel lagi.

Dengan ketentuan yang ditetapkan dalam kesepakatan, gencatan senjata dapat diperpanjang hingga hari Minggu, dengan asumsi lebih banyak sandera Israel dibebaskan.

Israel ingin melihat semua perempuan dan anak-anak yang masih ditahan di Gaza dibebaskan dalam beberapa hari ke depan, dan meyakini saat ini Hamas masih menahan 30 hingga 40 perempuan dan anak-anak, termasuk sekitar 20 perempuan berusia 21 hingga 50 tahun, dan setidaknya sembilan anak-anak, yang termuda berusia 10 bulan, Kfir Bibas, yang dibawa bersama orangtuanya dan saudara laki-laki berusia empat tahun dari Kibbutz Nir Oz pada serangan 7 Oktober lalu.

Pasukan Pertahanan Israel hari Senin mengatakan Hamas telah memindahkan keluarga tersebut ke kelompok perlawanan Palestina lainnya di Gaza.

Baca Juga: Kekejaman di Gaza: 160 Jasad Korban Pengeboman Israel Ditarik dari Reruntuhan Dalam 24 Jam Terakhir

Direktur Mossad, David Barnea. Israel hari Selasa, (28/11/2023) buka peluang perpanjang gencatan senjata usai pembebasan penuh wanita dan anak, yaitu pembebasan sandera laki-laki, dan memulai pembicaraan lebih lanjut tentang fase berikutnya dari kesepakatan yang potensial. (Sumber: Axios)


Sumber : Axios / Associated Press / Times of Israel / France24 / Ynet


BERITA LAINNYA



Close Ads x