Kompas TV internasional kompas dunia

Tuntut Gencatan Senjata Permanen di Gaza, Anggota Kongres sampai Aktris Mogok Makan di Gedung Putih

Kompas.tv - 28 November 2023, 22:28 WIB
tuntut-gencatan-senjata-permanen-di-gaza-anggota-kongres-sampai-aktris-mogok-makan-di-gedung-putih
Bintang serial Sex and the City, Cynthia Nixon, bergabung dengan para aktivis yang menggelar mogok makan di luar Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, untuk menuntut gencatan senjata permanen di Gaza, Senin (27/11/2023). (Sumber: Newsweek)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

WASHINGTON DC, KOMPAS.TV - Sekelompok aktivis menggelar mogok makan di luar Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat (AS), untuk menuntut Presiden AS Joe Biden mewujudkan gencatan senjata permanen di Gaza pada Senin (27/11/2023) waktu setempat.

Bintang serial Sex and the City, Cynthia Nixon, bergabung dengan para aktivis tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap Gaza.

Nixon menyatakan protes ini sebagai respons terhadap tingginya jumlah korban tewas di Gaza akibat serangan Israel, yang menurutnya melampaui jumlah warga sipil yang tewas selama perang AS di Afghanistan.

Ia menilai Gaza berada di ambang kelaparan.

"Kami mogok makan hanya untuk mencerminkan kepada Biden jenis deprivasi yang terjadi di Gaza dan bagaimana dia punya kuasa mewujudkan gencatan senjata ini," ujar Nixon kepada wartawan.

Protes ini dilakukan saat gencatan senjata sementara sedang berlangsung di Gaza, yang memungkinkan pelepasan beberapa tahanan yang ditahan oleh Hamas dan Israel, serta peningkatan aliran bantuan ke wilayah Palestina yang telah diduduki Israel sejak 1967 dan diblokade sejak 2007 itu.

Menurut Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza, jumlah korban tewas akibat serangan militer Israel ke Gaza mencapai lebih dari 15.000 orang.

Serangan tersebut dilancarkan setelah Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober lalu. Israel mengeklaim serangan Hamas menewaskan 1.200 orang.

Nixon mengumumkan, ia akan melakukan mogok makan sebagai bagian dari seruan agar gencatan senjata permanen di Gaza diwujudkan.

Baca Juga: Menhan Israel Yoav Gallant: Kami Akan Gempur Seluruh Gaza usai Gencatan Senjata

Sekelompok aktivis menggelar mogok makan di luar Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat (AS), untuk menuntut Presiden AS Joe Biden mewujudkan gencatan senjata permanen di Gaza pada Senin (27/11/2023) waktu setempat. (Sumber: Time Magazine)

Dilansir Newsweek, aksi di luar Gedung Putih itu diikuti oleh "para pemimpin muslim, Yahudi, dan aktivis terkemuka, serta legislator negara dari New York dan Delaware."

Dalam konferensi pers di luar Gedung Putih, Nixon mengumumkan partisipasinya dalam aksi mogok makan selama lima hari sebagai bagian dari seruan untuk mewujudkan gencatan senjata permanen di Gaza, wilayah berpenduduk sekitar 2,3 juta orang yang sudah berada di bawah blokade Israel selama 16 tahun lebih.



Sumber : Newsweek/Time Magazine


BERITA LAINNYA



Close Ads x