Kompas TV internasional kompas dunia

Tanker Milik Miliarder Israel Dilepas Usai Ditahan Pemberontak di Lepas Pantai Yaman

Kompas.tv - 27 November 2023, 11:09 WIB
tanker-milik-miliarder-israel-dilepas-usai-ditahan-pemberontak-di-lepas-pantai-yaman
Penyerang mengambil alih dan kemudian melepaskan sebuah kapal tanker yang kabarnya dimiliki Israel di lepas pantai Yaman hari Minggu (26/11/2023), demikian diumumkan oleh pihak berwenang. (Sumber: Zodiac Maritime via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

DUBAI, KOMPAS.TV - Penyerang mengambil alih dan kemudian melepaskan sebuah kapal tanker yang disebut dimiliki miliarder Israel di lepas pantai Yaman hari Minggu (26/11/2023), kata seorang pejabat Kementerian Pertahanan Amerika Serikat Pentagon, yang tak ingin namanya dikutip.   

Pentagon menyampaikan kepada Associated Press hari Senin, (27/11/2023) kapal itu "saat ini aman" tanpa memberikan rincian tentang apa yang terjadi pada penyerang.

Tanker yang membawa muatan asam fosfat itu, diidentifikasi sebagai "Central Park"  oleh perusahaan kapal tersebut, Zodiac Maritime. Namun para pejabat Pentagon tidak mengidentifikasi para penyerang. 

Sementara pasukan Amerika di atas kapal penghancur kelas Arleigh Burke USS Mason merespons panggilan darurat dari "Central Park", kata dua pejabat pertahanan AS yang tidak ingin disebutkan namanya karena tidak diizinkan untuk membahas insiden tersebut.

Pemerintah Yaman menyalahkan pemberontak Houthi yang didukung Iran atas serangan ini, yang terjadi setelah setidaknya dua serangan maritim lainnya yang terkait dengan perang Israel-Hamas.

Penyerang menyita kapal bendera berbendera Liberia itu di Teluk Aden, seperti diakui pihak perusahaan tersebut,  militer Amerika Serikat, pemerintah Inggris serta firma intelijen swasta Ambrey.

Pihak  Zodiac mengumumkan kapal yang membawa asam fosfor dan 22 awaknya dari Bulgaria, Georgia, India, Filipina, Rusia, Turki, dan Vietnam "tidak mengalami cedera."

"Kami ingin berterima kasih kepada pasukan koalisi yang merespons dengan cepat, melindungi aset di area tersebut, dan menjunjung hukum maritim internasional," kata petinggi di  perusahaan tersebut tanpa memberikan rincian tentang bagaimana penyerang meninggalkan kapal tersebut atau mengidentifikasi mereka.

Baca Juga: Pengambilalihan Kapal Israel Kembali Terjadi, Kini Tanker Diserbu di Perairan Yaman

Penyerang mengambil alih dan kemudian melepaskan sebuah kapal tanker yang kabarnya dimiliki Israel di lepas pantai Yaman hari Minggu (26/11/2023), demikian diumumkan oleh pejabat keamanan Amerika Serikat, Senin, (27/11/2023). (Sumber: Globes Israel)

Zodiac Maritime berbasis di London dan merupakan bagian dari Zodiac Group milik miliarder Israel, Eyal Ofer. Catatan korporat Inggris mencantumkan dua pria dengan nama belakang Ofer sebagai direktur saat ini dan mantan direktur Clumvez Shipping, termasuk Daniel Guy Ofer, yang juga direktur di Zodiac Maritime.

Pemberontak Houthi Yaman, yang telah mengendalikan ibu kota, Sanaa, sejak tahun 2014, tidak memberikan komentar tentang penyitaan tersebut.

Namun, pemerintah Yaman yang diakui secara internasional, yang berbasis di Aden, menyalahkan pemberontak Houthi atas serangan tersebut dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh agensi berita resmi mereka.




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x