Kompas TV internasional kompas dunia

Hamas Bersiap Lepaskan 14 Sandera Israel Ditukar 42 Warga Palestina di Tahap Kedua Gencatan Senjata

Kompas.tv - 25 November 2023, 22:09 WIB
hamas-bersiap-lepaskan-14-sandera-israel-ditukar-42-warga-palestina-di-tahap-kedua-gencatan-senjata
Seorang Ibu Palestina terlihat duduk kelelahan di reruntuhan pengeboman Israel di Gaza. Hamas mempersiapkan pembebasan 14 sandera Israel hari Sabtu sore waktu Palestina (25/11/2023) sebagai bagian dari pertukaran dengan Israel yang akan membebaskan 42 warga Palestina, demikian menurut pejabat Mesir. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KHAN YOUNIS, KOMPAS.TV - Hamas mempersiapkan pembebasan 14 sandera Israel hari Sabtu (25/11/2023) sore waktu Palestina, sebagai bagian dari pertukaran dengan Israel yang akan membebaskan 42 warga Palestina, demikian menurut pejabat Mesir.

Pertukaran di hari kedua gencatan senjata ini memberikan jalan bagi bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza bagi warga sipil usai tujuh minggu perang.

Pada hari pertama gencatan senjata selama empat hari, Hamas membebaskan 24 dari sekitar 240 sandera yang diambil dalam serangan pada 7 Oktober terhadap Israel yang memicu pecahnya perang. Sebagai balasan, Israel membebaskan 39 warga Palestina dari penjara. Mereka yang dibebaskan dari tahanan di Gaza termasuk 13 warga Israel, 10 warga Thailand, dan satu warga Filipina, seperti dilaporkan oleh Associated Press.

Pada Sabtu, Hamas memberikan mediator Mesir dan Qatar daftar 14 sandera yang akan dibebaskan, dan daftar tersebut telah diteruskan kepada Israel, menurut pejabat Mesir yang berbicara dengan syarat anonimitas karena tidak diizinkan membicarakan rincian negosiasi yang sedang berlangsung. Pejabat Mesir kedua, juga berbicara dengan syarat anonimitas, mengonfirmasi rincian tersebut.

Menurut perjanjian gencatan senjata, Hamas akan melepaskan satu sandera Israel untuk setiap tiga tahanan yang dibebaskan. Layanan Penjara Israel menyatakan sebelumnya pada Sabtu bahwa mereka sedang mempersiapkan 42 tahanan untuk dibebaskan.

Belum jelas berapa banyak tahanan non-Israel yang mungkin juga dibebaskan.

Selama empat hari ini, Hamas diharapkan melepaskan setidaknya 50 sandera Israel, dan Israel 150 tahanan Palestina, semuanya perempuan dan anak-anak.

Israel mengatakan gencatan senjata dapat diperpanjang satu hari ekstra untuk setiap 10 sandera tambahan yang dibebaskan — sesuatu yang diharapkan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Awal gencatan senjata Jumat pagi membawa ketenangan pertama bagi 2,3 juta warga Palestina yang terpukul dan putus asa akibat bombardir Israel yang tak henti-hentinya. Bombardir tersebut telah menewaskan ribuan orang, mengusir tiga perempat dari penduduk dari rumah mereka, dan meratakan area perumahan. Tembakan roket dari milisi Gaza ke Israel juga menjadi senyap.

Baca Juga: Spanyol: Kami Terbuka Mengakui Secara Sepihak Negara Palestina, walau Tidak Sejalan dengan Uni Eropa

Warga berjalan di tengah reruntuhan Gaza yang hancur dibom Israel. Hamas mempersiapkan pembebasan 14 sandera Israel hari Sabtu sore waktu Palestina, (25/11/2023) sebagai bagian dari pertukaran dengan Israel yang akan membebaskan 42 warga Palestina, demikian menurut pejabat Mesir. (Sumber: AP Photo)

Bagi Emad Abu Hajer, seorang penduduk kamp pengungsi Jabalia di wilayah Kota Gaza, jeda hari Jumat berarti dia bisa kembali menggali reruntuhan rumahnya, yang hancur dalam serangan Israel minggu lalu.

Dia menemukan jasad sepupu dan keponakannya, membuat jumlah korban tewas keluarganya dalam serangan itu menjadi 19 orang. Saudara perempuan dan dua kerabat lainnya masih hilang, dan dia melanjutkan penggalian hari Sabtu.

"Kami ingin menemukan mereka dan mengubur mereka dengan layak," katanya.

PBB mengatakan jeda tersebut memungkinkan mereka untuk meningkatkan pengiriman makanan, air, dan obat-obatan dalam volume terbesar sejak konvoi bantuan kemanusiaan dilanjutkan pada 21 Oktober.

Mereka juga dapat mengirimkan 129.000 liter bahan bakar, sedikit lebih dari 10% dari volume harian sebelum perang, serta gas masak, pertama kalinya sejak perang dimulai.

Di kota selatan Khan Younis hari Sabtu, sebuah barisan panjang orang dengan jeriken dan wadah lainnya menunggu di luar stasiun pengisian untuk mencoba mendapatkan sebagian dari bahan bakar yang baru saja datang.

Sementara menunggu bahan bakar, Hossam Fayad mengeluhkan bahwa jeda dalam pertempuran hanya berlangsung empat hari. "Saya berharap bisa diperpanjang sampai kondisi orang membaik," katanya.

Pertama kalinya dalam lebih dari sebulan, bantuan mencapai utara Gaza, pusat serangan darat Israel. Konvoi PBB mengirimkan tepung ke dua fasilitas yang menampung orang-orang yang terusir oleh serangan Israel.

PBB mengatakan mereka dan Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina juga mengevakuasi 40 pasien dan anggota keluarga dari rumah sakit di Kota Gaza, tempat sebagian besar pertempuran terjadi, ke rumah sakit di Khan Younis.

Baca Juga: Israel Terima Daftar Kedua Sandera, Pemimpin Hamas Tegaskan Komitmen Mematuhi Kesepakatan

Warga berjalan di tengah reruntuhan Gaza yang hancur dibom Israel. Hamas mempersiapkan pembebasan 14 sandera Israel hari Sabtu sore waktu Palestina, (25/11/2023) sebagai bagian dari pertukaran dengan Israel yang akan membebaskan 42 warga Palestina, demikian menurut pejabat Mesir. (Sumber: AP Photo)



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x