Kompas TV nasional hukum

SYL Bantah Terima Durian Seharga Rp46 Juta dari Pejabat Kementan: Saya Terheran-heran Saja

Kompas.tv - 21 Mei 2024, 05:31 WIB
syl-bantah-terima-durian-seharga-rp46-juta-dari-pejabat-kementan-saya-terheran-heran-saja
Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo atau SYL dalam sidang lanjutan kasusnya tersebut di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Senin (6/5/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atau SYL membantah telah menerima durian seharga puluhan juta rupiah dari anak buahnya di Kementerian Pertanian (Kementan).

SYL mengaku bahwa keluarganya tidak menyukai durian. Bahkan, hingga cucunya tidak menyukai buah tersebut. Karenanya, tidak mungkin ia membawa durian ke rumah. 

“Saya punya keluarga itu, Pak, istri, anak-anak, cucu, tidak suka durian. Bahkan ndak boleh masuk di rumah durian. Saya kira ini perlu saya sampaikan,” kata SYL pada akhir sidang pemeriksaan saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (20/5/2024).

Baca Juga: Pejabat Kementan Sebut Dimintai SYL Rp450 Juta dan Rp50 Juta untuk Beli iPhone, tapi Tak Dipenuhi

SYL mengaku keluarga besarnya tidak menyukai durian, kecuali dirinya sendiri. Karena itu, dia merasa heran dengan keterangan saksi yang menyebut pernah mengirimkan durian ke rumah dinasnya dengan harga mencapai puluhan juta rupiah.

“Yang makan durian cuma saya. Demi Allah, Rasulullah. Oleh karena itu, kalau durian dengan jumlah seperti ini, saya terheran-heran saja,” ucap SYL.

Ia pun menyebut akan menjelaskan lebih lanjut terkait hal tersebut dalam nota pembelaan atau pleidoi. 

“Tidak ada (durian). Bahkan muntah saya punya cucu, anak-anak,” ucapnya.

Adapun SYL menyampaikan keterangan demikian membantah pernyataan Sekretaris Badan Karantina Kementan Wisnu Haryana pada sidang lanjutan Senin (20/5) kemarin.

Dalam kesaksiannya, Wisnu mengaku pernah mengirim durian seharga sekitar Rp20 hingga Rp40 jutaan ke rumah dinas SYL.

Baca Juga: Dirjen Perkebunan Sebut SYL Minta Dibelikan Mikrofon Rp25 Juta dengan Dalih 'Saya Pinjam, Dek'



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x