Kompas TV internasional kompas dunia

Adili Mafia Ndrangheta, Hakim Italia Jatuhkan Hukuman Total 2.100 Tahun Penjara kepada 207 Terdakwa

Kompas.tv - 21 November 2023, 20:28 WIB
adili-mafia-ndrangheta-hakim-italia-jatuhkan-hukuman-total-2-100-tahun-penjara-kepada-207-terdakwa
Ketua Majelis Hakim Brigida Cavasino (tengah), diapit hakim Claudia Caputo (kiri) dan hakim Germana Radice, membacakan putusan bagi ratusan terdakwa yang didakwa menjadi anggota sindikat 'Ndrangheta di Lamezia Terme, Italia bagian selatan, Senin, 20 November 2023. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

LAMEZIA TERME, KOMPAS.TV - Pengadilan Italia menjatuhkan hukuman total 2.100 tahun penjara kepada 207 terdakwa yang didakwa karena menjadi anggota ’Ndrangheta, salah satu sindikat peredaran narkoba terbesar, terluas, dan terkaya di dunia, Senin (20/11/2023).

Dibutuhkan lebih dari satu jam dan 40 menit untuk membacakan putusan pengadilan yang panjang, termasuk pembebasan 131 terdakwa lainnya.

Drama ini terjadi di dalam ruang sidang bergaya bunker di wilayah Calabria selatan di selatan Italia, di mana sindikat tersebut awalnya berkedudukan.

Menurut jaksa anti-mafia yang memimpin penyelidikan, ’Ndrangheta diam-diam mengakumulasi kekuatan di Italia dan di luar negeri seiring melemahnya Mafia Sisilia. Kini, mereka hampir memonopoli impor kokain di Eropa.

Mafia 'Ndrangheta juga punya basis di kawasan Amerika Utara dan Selatan dan aktif di Afrika, kata jaksa Italia.

Sementara bos-bos ’Ndrangheta ditangkap dalam beberapa tahun terakhir di seluruh Eropa, serta di Brasil dan Lebanon.

Jajaran terdakwa diadili atas kejahatan termasuk perdagangan narkoba, senjata, pemerasan, dan terkait dengan organisasi mafia, sebuah istilah hukum pidana Italia untuk anggota kelompok kejahatan terorganisir.

Sementara lainnya dituduh berkolaborasi dengan ’Ndrangheta tanpa benar-benar menjadi anggotanya.

Tuduhan-tuduhan itu berasal dari penyelidikan terhadap 12 klan yang terkait dengan bos ’Ndrangheta yang telah divonis bersalah.

Tokoh sentral, Luigi Mancuso, sedang menjalani hukuman 19 tahun penjara di Italia karena perannya memimpin 'Ndrangheta, salah satu keluarga paling kuat, yang berbasis di kota Vibo Valentia.

Baca Juga: Jerman dan Italia Operasi Penangkapan Besar-besaran Mafia Italia Ndrangheta, Ratusan Kena Serok

Para pengacara mendengarkan ketika hakim membacakan putusan vonis bagi ratusan terdakwa yang didakwa menjadi anggota sindikat 'Ndrangheta di Lamezia Terme, Italia bagian selatan, Senin, 20 November 2023. (Sumber: AP Photo)

Vincenzo Capomolla, wakil jaksa kepala Catanzaro, mengatakan kasus dan tuduhan jaksa secara keseluruhan terbukti dengan vonis tersebut dan mengonfirmasi kendali kuat ’Ndrangheta di Vibo Valentia.

"Infiltrasi organisasi kriminal di provinsi Vibo Valentia begitu mendalam dan merata, begitu mengkhawatirkan, sehingga saya pikir dapat dicatat tidak ada aspek dari kehidupan ekonomi sosial provinsi yang tidak dipengaruhi oleh kapasitas kekuatan intimidasi dari organisasi kriminal yang sangat berbahaya ini," kata Capomolla.




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x