Kompas TV internasional kompas dunia

3 Pesawat Pengangkut Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina Tiba di Mesir

Kompas.tv - 6 November 2023, 20:16 WIB
3-pesawat-pengangkut-bantuan-kemanusiaan-indonesia-untuk-palestina-tiba-di-mesir
Bantuan Indonesia untuk Palestina sudah tiba di El Arish, Mesir, Senin (6/11/2023). (Sumber: KBRI Kairo)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

EL ARISH, KOMPAS.TV - Bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Palestina telah tiba di Mesir. Tiga pesawat yang mengangkut bantuan kemanusiaan seberat 51,5 ton telah tiba di El Arish, Mesir, Senin (6/11/2023).

Sebelumnya bantuan kemanusiaan tahap pertama itu dilepas Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

Baca Juga: Menhan Prabowo: Indonesia Siap Terima 22 Kadet Palestina Masuk Universitas Pertahanan

Tiga pesawat yang mengangkut bantuan tersebut adalah dua pesawat C-130 Hercules TNI AU dan satu pesawat Airbus A330. Ketiga pesawat tersebut melalui dua rute penerbangan yang berbeda.

Pesawat Hercules A-1237 dan A-1238 menempuh rute penerbangan Jakarta-Aceh-Yangon (Myanmar)-New Delhi (India)-Abu Dhabi (Uni Emirat Arab)-Jeddah (Arab Saudi)-El Arish.

Sedangkan pesawat Airbush A330 diterbangkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Senin (6/11/2023) dini hari, dan langsung menuju El Arish.

Namun, penerbangan tersebut dialihkan ke Bandara Internasional Kairo karena kendala cuaca dan hingga laporan ini didapat masih berada di sana.

Bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Palestina itu kemudian diserahkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI Pahala Nugraha Mansury kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir.

Baca Juga: Setelah Arab Saudi, Giliran Mesir Ngamuk Usai Menteri Israel Ancam Jatuhkan Bom Nuklir ke Gaza

“Terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang sudah menunjukkan solidaritasnya kepada masyarakat Palestina, mengumpulkan bantuan yang baru saja sampai di Bandara El Arish dan akan diserahkan ke Egyptian Red Crescent untuk dibawa ke perlintasan masuk ke wilayah Gaza,” ujar Wamenlu.

Pada pengiriman tahap pertama ini, pemerintah Indonesia mengirimkan berbagai barang logistik yang telah disesuaikan dengan kebutuhan rakyat Palestina di Gaza.

Antara lain, alat kesehatan, obat-obatan, tenda, selimut, pakaian hangat hingga bahan makanan.

Dilansir Al Jazeera, per Senin (6/11/2023), sedikitnya 10.022 orang tewas dalam serangan-serangan Israel ke Jalur Gaza, wilayah Palestina yang berada di bawah pendudukan Israel sejak 1967 dan diblokade sejak 2007.

Sedangkan di Tepi Barat, wilayah Palestina lainnya yang juga diduduki Israel, sebanyak 152 orang tewas sejak 7 Oktober 2023.

Sedangkan lebih dari 1.400 orang dilaporkan tewas di Israel dalam serangan Hamas pada 7 Oktober.


 




Sumber : Kompas TV, Al Jazeera


BERITA LAINNYA



Close Ads x