Kompas TV internasional kompas dunia

AL AS Umumkan Kapal Selam Nuklir Tiba di Timur Tengah Saat Israel Menggempur Warga Sipil Gaza

Kompas.tv - 6 November 2023, 09:47 WIB
al-as-umumkan-kapal-selam-nuklir-tiba-di-timur-tengah-saat-israel-menggempur-warga-sipil-gaza
Angkatan Laut Amerika Serikat mengirimkan kapal selam nuklir kelas Ohio ke Timur Tengah, Pada 5 November 2023, kapal selam kelas Ohio tiba di wilayah tanggung jawab Komando Pusat Amerika Serikat (CENTCOM), kata CENTCOM hari Minggu malam, (5/11/2023). (Sumber: US Naval Institute)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Angkatan Laut Amerika Serikat mengirimkan kapal selam nuklir kelas Ohio ke Timur Tengah, "Pada tanggal 5 November 2023, sebuah kapal selam kelas Ohio tiba di wilayah tanggung jawab Komando Pusat Amerika Serikat (CENTCOM)," kata Komando Pusat Amerika Serikat (CENTCOM) hari Minggu malam, (5/11/2023).

Identitas kapal selam tersebut tidak diungkapkan namun dari kelas Ohio, dan tidak ada pernyataan apakah itu salah satu dari empat kapal selam yang membawa rudal jelajah serang darat Tomahawk atau salah satu dari 14 kapal selam yang membawa rudal balistik berhulu ledak nuklir Trident-II, tetapi ini tetap merupakan penambahan signifikan ke kekuatan penangkalan Amerika di wilayah tersebut, dan kemampuan untuk menyerang jika diperlukan, seperti laporan Anadolu, Senin, (6/11/2023).

Dari identifikasi visual saat menuju Timur Tengah, kapal selam nuklir yang dikerahkan itu menurut perkiraan adalah salah satu kapal selam serang darat yang membawa rudal jelajah Tomahawk dan rudal hipersonik.

Kapal selam kelas Ohio adalah kelas kapal selam nuklir yang digunakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat. Mereka dirancang terutama untuk penangkalan strategis dan memiliki berbagai peran:

Platform Peluncuran Rudal, di mana kapal selam kelas Ohio SSGN telah diubah dari kapal selam rudal balistik untuk berfungsi sebagai platform rudal berpemandu presisi. Mereka dilengkapi dengan beberapa tabung peluncuran vertikal (VLS) yang dapat membawa berbagai macam rudal berpemandu presisi seperti rudal Tomahawk.

Kapal selam ini membawa rudal jelajah Tomahawk dan dapat membawa jumlah yang signifikan dari rudal ini, yang dapat digunakan untuk serangan presisi terhadap target darat.

Baca Juga: Perempuan dan 3 Anak Tewas Terkena Serangan Udara Israel Saat Naik Mobil di Lebanon Selatan

Operasi Khusus, di mana kapal selam ini juga dapat mendukung pasukan operasi khusus dengan mengerahkan tim SEAL dan peralatan mereka untuk misi rahasia.

Selain kemampuan deterrence strategis mereka, SSGN dapat berpartisipasi dalam skenario perang konvensional, memberikan aset yang fleksibel dan serbaguna untuk berbagai operasi militer.



Sumber : Anadolu / USNI / Naval News


BERITA LAINNYA



Close Ads x