Kompas TV internasional kompas dunia

Terungkap, Dubes Iran Tegaskan Teheran Tidak Terlibat Aksi Hamas, Ungkap Tujuan Asli Serangan Israel

Kompas.tv - 31 Oktober 2023, 20:40 WIB
terungkap-dubes-iran-tegaskan-teheran-tidak-terlibat-aksi-hamas-ungkap-tujuan-asli-serangan-israel
Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Boroujerdi, Senin (31/10/2023), menegaskan negaranya tidak terlibat serangan Hamas ke Gaza dalam konflik Palestina dan Israel. Lebih lanjut Dubes Boroujerdi mengungkap, tujuan utama Israel adalah untuk mengosongkan Jalur Gaza melalui Mesir dan mengosongkan Tepi Barat melalui Yordania. (Sumber: Antara)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Boroujerdi menegaskan negaranya tidak terlibat serangan Hamas ke Gaza dalam konflik Palestina dan Israel, Selasa (31/10/2023). 

Dalam pernyataannya, Dubes Mohammad menegaskan, tuduhan keterlibatan Iran dalam aksi Hamas tersebut adalah kebohongan. 

"Iran tidak terlibat. Seratus persen, Hamas yang bertanggung jawab atas serangan ini, dan hal ini sudah jelas ditegaskan oleh pihak Hamas," kata Dubes Mohammad di kediamannya di Jakarta, Selasa.

Dubes Iran untuk Indonesia itu lebih lanjut menjelaskan ada kebohongan lain yang berupaya menggambarkan konflik ini sebagai perang antara Hamas dan rezim Zionis Israel.

"Namun, sebenarnya ini adalah perang antara rezim zionis Israel dengan bangsa Palestina," tegasnya.

Lebih lanjut Dubes Boroujerdi mengungkap, tujuan utama Israel adalah untuk mengosongkan Jalur Gaza melalui Mesir dan mengosongkan Tepi Barat melalui Yordania. 

"Hal ini sedang mereka paksa melalui serangkaian operasi yang terus berlanjut," tambahnya.

Dalam konteks ini, sang Dubes menekankan bahwa Iran akan terus berupaya untuk membantu Palestina, mengungkapkan sejauh ini, lebih dari 8.300 warga Palestina tewas dalam serangan Israel yang kejam di Gaza.

Jumlah warga Palestina yang tewas terbunuh serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober mencapai 8.306 orang, kata Kementerian Kesehatan Gaza, Minggu (30/10/2023), termasuk 3.457 anak-anak dan 2.136 perempuan.

Israel melakukan serangan berat di Gaza sejak 7 Oktober, ketika Hamas melancarkan serangan lintas perbatasan yang mengejutkan. Lebih dari 1.538 warga Israel tewas sejak pecahnya perang Gaza.



Sumber : Antara / Kompas TV / Anadolu


BERITA LAINNYA



Close Ads x