Kompas TV internasional kompas dunia

Kelompok Bantuan Berjibaku Menolong Korban Perang Israel-Hamas Ditengah Blokade Gaza

Kompas.tv - 10 Oktober 2023, 14:15 WIB
kelompok-bantuan-berjibaku-menolong-korban-perang-israel-hamas-ditengah-blokade-gaza
Warga Palestina mengeluarkan satu jenazah usai serangan udara Israel di kamp pengungsi Jebaliya, Gaza, Senin, (9/10/2023). Kelompok bantuan berjibaku membantu warga yang terjebak perang Israel dan Hamas, serta menentukan operasi bantuan mana yang masih aman untuk dilanjutkan, Selasa, (10/10/2023). (Sumber: The Associated Press)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

NEW YORK, KOMPAS.TV - Kelompok bantuan berjibaku membantu warga yang terjebak perang Israel dan Hamas, serta menentukan operasi bantuan mana yang masih aman untuk dilanjutkan. Upaya ini menjadi sulit karena blokade yang semakin ketat terhadap Gaza dan pertempuran yang masih berlangsung hari Selasa, (10/10/2023).

Dua hari setelah kelompok Hamas melakukan serangan yang mengejutkan dunia, Israel meningkatkan serangan udara ke Gaza dan memblokir pasokan makanan, bahan bakar, dan kebutuhan lainnya dari memasuki wilayah tersebut.

Tindakan ini menimbulkan kekhawatiran di Perserikatan Bangsa-Bangsa dan antara kelompok bantuan yang beroperasi di daerah yang dihuni 2,3 juta orang ini, seperti dilaporkan oleh Associated Press, Selasa, (10/10/2023).

Hamas, sebagai balasan, berjanji akan membunuh warga Israel yang diculik jika militer negara itu membombardir target sipil di Gaza tanpa peringatan.

Hampir 2.000 orang tewas dan ribuan luka di kedua belah pihak, dan kelompok bantuan yang beroperasi di wilayah ini mengatakan bahwa ada kebutuhan baik di Gaza maupun Israel.

Lebih dari 2 ton persediaan medis dari Bulan Sabit Merah Mesir telah dikirim ke Gaza dan upaya sedang dilakukan untuk mengorganisir pengiriman makanan dan barang lainnya, menurut pejabat militer Mesir yang tidak ingin disebutkan namanya karena tidak diizinkan berbicara kepada pers.

Namun, Perserikatan Bangsa-Bangsa dan kelompok bantuan lainnya memohon lebih banyak akses untuk membantu warga Palestina yang terjebak di tengah pertempuran yang sengit.

Baca Juga: Sebut Kehancuran Warga di Gaza Sangat Mengerikan, Palestina: Kami Akan Terus Membela Diri

MER C berencana mengirim relawan kemanusiaan ke wilayah Gaza, Palestina, untuk membantu penanganan korban perang Hamas vs Israel. Kelompok bantuan berjibaku membantu warga yang terjebak perang Israel dan Hamas, serta menentukan operasi bantuan mana yang masih aman untuk dilanjutkan. Upaya ini menjadi sulit karena blokade Gaza dan pertempuran yang masih sengit hari Selasa, (10/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

"Dokter Tanpa Batas", yang masih beroperasi di Gaza, harus bergantung pada persediaan yang sudah ada di wilayah tersebut karena tidak boleh membawa lebih banyak persediaan masuk, kata Emmanuel Massart, koordinator desk deputi organisasi ini di Brussels.

Kelompok ini, yang mengatakan hanya menjalankan program di wilayah Palestina karena Israel memiliki layanan darurat dan kesehatan yang kuat, melaporkan pada hari Senin bahwa mereka memberikan perawatan kepada lebih dari 50 orang setelah serangan udara di kamp pengungsi Jabalia di utara Kota Gaza.

Selain membantu pasien di Gaza, mereka juga menyumbangkan persediaan medis ke klinik dan rumah sakit lain yang kelebihan pasien dan mengalami kekurangan obat-obatan dan bahan bakar yang dapat digunakan untuk generator.

Jika "Dokter Tanpa Batas"  tidak dapat memasok kembali dengan cukup cepat, Massart mengatakan, mereka akan kehabisan persediaan yang bisa digunakan untuk operasi pada pasien yang mungkin terluka. Dia juga mengatakan karena fasilitas yang digunakan oleh organisasi ini mengandalkan generator akibat pasokan listrik yang rendah, pemadaman listrik akan menjadi "masalah besar".

"Jika tidak ada bahan bakar lagi, tidak akan ada fasilitas medis lagi karena kami tidak dapat menjalankan fasilitas medis kami tanpa energi," kata Massart.

Rumah Sakit Indonesia di Bait Lahiya, Gaza Utara, sudah tidak mampu menampung korban tewas akibat serangan Israel terhadap Palestina.

Baca Juga: Militan Palestina Hamas Pastikan Sekutunya Bakal Ikut Bertempur Jika Israel Hancurkan Gaza


Relawan MER-C di Palestina, Fikri Rofiul Haq, kepada Kompas TV menjelaskan korban terus bertambah di Gaza setelah Israel melakukan serangan balasan besar-besaran.

Bahkan, kata Fikri, sudah tidak ada tempat aman di Gaza karena serangan Israel sempat mengenai mobil operasional Rumah Sakit Indonesia dan menewaskan satu pekerja lokal Palestina.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x