Kompas TV internasional kompas dunia

Imbauan KBRI Amman untuk WNI di Jalur Gaza dan Tepi Barat, Keadaan Mendesak Hubungi +962779150407

Kompas.tv - 8 Oktober 2023, 17:07 WIB
imbauan-kbri-amman-untuk-wni-di-jalur-gaza-dan-tepi-barat-keadaan-mendesak-hubungi-962779150407
Sebuah gedung di Gaza yang meledak akibat serangan presisi Israel Sabtu, (7/10/2023). Kedutaan Besar Republik Indonesia di Amman (KBRI Amman) Yordania menerbitkan sejumlah imbauan untuk WNI di Jalur Gaza dan Tepi Barat sehubungan pecahnya perang antara Israel dan Hamas. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

AMMAN, KOMPAS.TV - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Amman (KBRI Amman) Yordania menerbitkan sejumlah imbauan untuk warga negara Indonesia (WNI) di Jalur Gaza dan Tepi Barat sehubungan pecahnya perang antara Israel dan Hamas.

KBRI Amman adalah misi diplomatik Indonesia untuk Kerajaan Yordania merangkap sebagai utusan Indonesia untuk Palestina.

Pertempuran Israel dan Hamas masih berlangsung hingga Minggu (8/10). Hamas dilaporkan menembakkan "100 rudal" ke daerah Sderot, Israel. Pertempuran juga pecah di sejumlah daerah di perbatasan Israel-Gaza.

Baca Juga: Demi Akhiri Perang Israel vs Hamas, China Serukan Pembentukan Negara Palestina Berdaulat

"Sehubungan dengan perkembangan situasi keamanan di Palestina, KBRI Amman mengimbau kepada seluruh WNI, khususnya yang berada di wilayah Gaza dan Tepi Barat untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kewaspadaan dan menjaga keselamatan diri dan keluarga
  2. Menghindari tempat-tempat konflik dan pusat-pusat keramaian/kerumunan
  3. Tidak melakukan kunjungan ke tempat-tempat wisata dan WNI yang memiliki rencana kunjungan wisata ke Palestina untuk menunda kunjungan tersebut karena adanya penutupan perbatasan darat dari Yordania ke Tepi Barat
  4. Mengikuti perkembangan situasi melalui media
  5. WNI yang berada di Gaza dan Tepi Barat agar saling menjaga komunikasi dengan sesama masyarakat Indonesia
  6. Segera menghubungi hotline KBRI Amman apabila terdapat perkembangan dan masalah lain yang dianggap perlu, dengan nomor +962779150407," demikian keterangan KBRI Amman, dikutip laman resmi Kementerian Luar Negeri RI.

Sebelumnya, KBRI Amman melaporkan, tidak ada WNI yang menjadi korban usai Israel mengirim serangan balasan ke Jalur Gaza, wilayah Palestina berpendudukan sekitar dua juta orang yang telah berada di bawah blokade Israel sejak 2007.

Berdasarkan catatan KBRI, terdapat 13 WNI yang berdomisili di Gaza.

Pemerintah RI telah merilis pernyataan dan mengaku prihatin atas pecahnya konflik Israel-Palestina. Indonesia menyerukan para pihak segera menghentikan tindak kekerasan.

"Akar konflik tersebut, yaitu pendudukan wilayah Palestina oleh Israel harus diselesaikan, sesuai parameter yang sudah disepakati PBB," demikian tulis Kementerian Luar Negeri RI.

Baca Juga: Qatar Salahkan Israel atas Serangan Hamas, Sebut Pelanggaran Berulang Hak Warga Palestina Jadi Sebab


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x