Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Dampak Dalam Negeri Amerika Serikat dari Berhentinya Operasional Pemerintah

Kompas.tv - 30 September 2023, 22:30 WIB
ini-dampak-dalam-negeri-amerika-serikat-dari-berhentinya-operasional-pemerintah
Ketua Kongres AS, Kevin McCarthy. Pemerintah AS terancam berhenti beroperasi hari Minggu (1/10/2023), dianggap akan mengganggu banyak layanan dalam negeri pemerintah AS di sektor transportasi, kesehatan, layanan sosial, temasuk pertahanan dan luar negeri, merumahkan pegawai federal, dan mengganggu kegiatan politik. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan berhenti beroperasi akhir pekan ini akibat tuntutan kubu garis keras Partai Republik untuk memotong anggaran. Peristiwa ini akan mengganggu banyak layanan dalam negeri pemerintah AS di sektor transportasi, kesehatan, layanan sosial, temasuk pertahanan dan luar negeri, merumahkan pegawai federal, dan mengganggu kegiatan politik.

Sementara beberapa entitas pemerintah akan dikecualikan, misalnya sektor Jaminan Sosial akan tetap diberikan, fungsi lainnya akan sangat dibatasi. Agen federal akan menghentikan semua kegiatan yang dianggap tidak mendasar, dan banyak dari sekitar 2 juta pegawai pemerintah federal, serta 2 juta tentara aktif dan cadangan, tidak akan menerima gaji.

Mari kita lihat apa yang akan terjadi jika pemerintah Amerika Serikat jadi berhenti beroperasi hari Minggu esok 1 Oktober 2023, seperti laporan Associated Press, Sabtu (30/9/2023).

Apa itu Penutupan Pemerintah AS, saat sebagian besar kegiatan pemerintahan berhenti beroperasi?

Penutupan terjadi ketika Kongres gagal meloloskan RUU pendanaan pemerintah AS setelah 30 September 2023. Anggota Kongres seharusnya melewati 12 undang-undang pendanaan yang berbeda untuk mendanai lembaga di seluruh pemerintah, tetapi prosesnya memakan waktu. Mereka sering kali beralih untuk melewati perpanjangan sementara, yang disebut perpanjangan berkelanjutan atau CR, untuk memungkinkan pemerintah tetap beroperasi.

Ketika tidak ada undang-undang pendanaan yang dijalankan, agensi federal harus menghentikan semua pekerjaan yang dianggap tidak mendasar dan pemerintah AS tidak akan mengirim gaji selama penutupan berlangsung.

Meskipun pegawai yang dianggap penting untuk keselamatan publik, seperti pengontrol lalu lintas udara dan petugas penegak hukum, masih harus bekerja, pegawai federal lainnya akan diberhentikan sementara. Menurut undang-undang tahun 2019, para pekerja ini dijadwalkan akan menerima gaji kembali setelah pendanaan kembali aktif.

Baca Juga: Ini Deretan Kemungkinan Dampak Berhentinya Operasional Pemerintah Amerika Serikat, Bakal Shut Down?

Senat Amerika Serikat. Pemerintah AS terancam berhenti beroperasi hari Minggu (1/10/2023), dianggap akan mengganggu banyak layanan dalam negeri pemerintah AS di sektor transportasi, kesehatan, layanan sosial, temasuk pertahanan dan luar negeri, merumahkan pegawai federal, dan mengganggu kegiatan politik. (Sumber: AP Photo)

Kapan Penutupan akan Dimulai dan Berapa Lama akan Berlangsung?

Pendanaan pemerintah berakhir pada 1 Oktober, awal tahun anggaran federal. Penutupan akan efektif dimulai pukul 12:01 dini hari Minggu (1/10/2023) jika Kongres tidak dapat meloloskan rencana pendanaan yang ditandatangani menjadi undang-undang oleh presiden.

Tidak mungkin memprediksi berapa lama penutupan akan berlangsung. Senat yang dikuasai oleh Demokrat dan Kongres yang dikuasai oleh Republik sedang mengerjakan rencana yang sangat berbeda untuk menghindari penutupan, dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Kevin McCarthy, kesulitan untuk mendapatkan dukungan dari kubu garis keras konservatif partai Republik untuk menjaga pemerintah tetap beroperasi.

Banyak yang mempersiapkan diri untuk penutupan kegiatan pemerintah yang bisa berlangsung berminggu-minggu.

Siapa yang Terkena Dampak Penutupan Pemerintah AS?

Jutaan pekerja federal akan terlambat menerima gaji saat pemerintah ditutup, termasuk banyak dari sekitar 2 juta personel militer dan lebih dari 2 juta pekerja sipil di seluruh negeri. Bagi banyak pekerja, gaji pertama yang akan mereka lewatkan adalah pada tanggal 13 Oktober.

Hampir 60% pekerja federal di Departemen Pertahanan, Urusan Veteran, dan Keamanan Dalam Negeri.

Sementara tentara aktif dan cadangan akan terus bekerja, lebih dari setengah dari pegawai sipil Departemen Pertahanan, sekitar 440.000 orang, akan diberhentikan sementara.

Menteri Transportasi AS Pete Buttigieg mengatakan pelatihan baru untuk pengontrol lalu lintas udara akan dihentikan dan 1.000 pengontrol yang sedang dalam pelatihan akan dihentikan sementara. Bahkan penutupan yang berlangsung beberapa hari akan berarti departemen tidak akan mencapai target perekrutan untuk tahun depan, kata Buttigieg.

"Bayangkan tekanan yang sudah ada pada seorang pengontrol (lalu lintas udara) setiap kali mereka mengambil posisi kerja, dan kemudian bayangkan tekanan tambahan datang ke pekerjaan tersebut dari rumah tangga yang tidak lagi dapat mengandalkan gaji itu," kata Buttigieg.

Baca Juga: Waduh, Pemerintahan AS Terancam Ditutup, Ini yang Jadi Penyebabnya

Presiden AS Joe Biden. Pemerintah AS terancam berhenti beroperasi hari Minggu (1/10/2023), dianggap akan mengganggu banyak layanan dalam negeri pemerintah AS di sektor transportasi, kesehatan, layanan sosial, temasuk pertahanan dan luar negeri, merumahkan pegawai federal, dan mengganggu kegiatan politik. (Sumber: AP Photo/Susan Walsh)

Selain pegawai federal, penutupan dapat berdampak jauh pada layanan pemerintah. Orang yang mengajukan permohonan untuk layanan pemerintah seperti uji klinis medis, izin senjata api, dan paspor bisa mengalami penundaan.

Program Head Start yang melayani lebih dari 10.000 anak yang kurang beruntung akan segera kehilangan pendanaan federal.

Taman nasional akan ditutup pada hari Senin, 2 Oktober, jika pemerintah memasuki penutupan, dan Layanan Taman Nasional mengatakan layanannya tidak akan tersedia.

Beberapa kantor federal juga harus ditutup atau menghadapi jam kerja yang lebih singkat selama penutupan.

Usaha yang erat terkait dengan pemerintah federal, seperti kontraktor federal atau layanan wisata di sekitar taman nasional, bisa mengalami gangguan dan penurunan. Sektor perjalanan bisa kehilangan $140 juta setiap hari selama penutupan, menurut Asosiasi Industri Perjalanan AS.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x