Kompas TV internasional kompas dunia

Harga Minyak Bumi Melonjak, Dipandang Makin Bikin Runyam Ekonomi Barat dan justru Memperkaya Rusia

Kompas.tv - 26 September 2023, 09:45 WIB
harga-minyak-bumi-melonjak-dipandang-makin-bikin-runyam-ekonomi-barat-dan-justru-memperkaya-rusia
Harga minyak bumi dilaporkan melonjak naik, Senin, (25/9/2023) yang dipandang Barat akan mempersulit perang melawan inflasi global dan memberi tambahan sumber daya perang Rusia.  (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

FRANKFURT, KOMPAS.TV - Harga minyak bumi dilaporkan melonjak naik. Barat memandang hal ini akan mempersulit perang melawan inflasi global dan memberi tambahan sumber daya perang Rusia. Ini menimbulkan masalah bagi politisi Barat maupun masyarakat yang harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk pergi bekerja, mengangkut barang-barang dunia, atau menggarap ladang.

Berikut yang perlu diketahui tentang kenaikan harga minyak bumi baru-baru ini dan ke mana harga mungkin akan bergerak, sesuai laporan Associated Press, Senin (25/9/2023):

Mengapa Harga Minyak Bumi Kembali Melonjak Naik?

Di atas segalanya, keputusan Arab Saudi mengurangi jumlah minyak yang dikirim ke pasar global telah mendorong harga lebih tinggi.

Pemasok minyak terbesar kedua di dunia ini memangkas produksi sebanyak 1 juta barel per hari sejak Juli dan memutuskan bulan ini untuk memperpanjang pemotongan tersebut hingga akhir tahun.

Rusia, sekutu Arab Saudi dalam koalisi produsen minyak OPEC+, juga memperpanjang pemotongan produksinya sendiri sebanyak 300.000 barel per bulan hingga 2023.

Secara sederhana, pasokan yang lebih ketat berarti harga yang lebih tinggi.

Minyak standar internasional Brent diperdagangkan sedikit di bawah $94 per barel pada hari Senin, naik dari $90 sebelum perpanjangan pada 5 September dan dari $74 sebelum pemotongan Arab Saudi pertama kali diumumkan.

Minyak AS diperdagangkan sekitar $90,50, naik dari $68 sebelum pemotongan Arab Saudi.

Baca Juga: Rusia Juga Umumkan Pengurangan Produksi Minyak 500 Ribu Barel per Hari, Ikuti OPEC dan Arab Saudi

Harga minyak bumi dilaporkan melonjak naik, Senin, (25/9/2023) yang dipandang Barat akan mempersulit perang melawan inflasi global dan memberi tambahan sumber daya perang Rusia. (Sumber: Antara)

Seberapa Tinggi Harga Minyak Bisa Naik?

Beberapa analis berpikir harga minyak bisa mencapai $100 per barel berdasarkan permintaan yang kuat dan pasokan yang terbatas. Tapi itu bukan satu-satunya pandangan.

Harga minyak dapat sangat fluktuatif, dan meskipun mereka mungkin sebentar melebihi $100 dalam beberapa bulan mendatang, kemungkinan mereka tidak akan bertahan di sana, kata Jorge Leon, wakil presiden senior untuk pasar minyak di Rystad Energy. Dia memprediksi harga minyak akan berada di sekitar $90-an pada rata-rata tiga bulan terakhir tahun ini.

Itu masih tinggi secara historis, katanya, didukung oleh permintaan bahan bakar yang terus-menerus di sektor transportasi darat dan udara.

Pemotongan produksi minyak Arab Saudi adalah langkah sepihak di luar kerangka kerja aliansi produsen minyak OPEC+, yang berarti kerajaan itu dapat melakukan perubahan sesuai kebutuhan untuk merespons cepat perubahan kondisi pasar.

Leon mengatakan Arab Saudi akan meninjau pemotongan setiap bulan, dan bisa menambah jumlah barel jika harga melonjak hingga mencapai level yang dapat secara serius memperburuk inflasi di negara-negara yang membeli minyak.

Kenaikan harga yang berlebihan dapat berarti bank sentral di seluruh dunia menaikkan suku bunga lebih lanjut atau menjaganya tetap tinggi lebih lama.

"Saya tidak berpikir akan cerdas bagi Arab Saudi untuk mendorong begitu keras," kata Leon. "Hal terakhir yang Anda inginkan adalah mengobati inflasi lagi dengan harga minyak yang jauh lebih tinggi. Itu akan membunuh pertumbuhan ekonomi, dan pertumbuhan yang lebih rendah akan berarti permintaan minyak yang lebih rendah pada akhirnya."

Baca Juga: Negara Anggota OPEC Ramai-Ramai Bela Arab Saudi yang Ditekan AS karena Pangkas Produksi Minyak

Harga minyak bumi dilaporkan melonjak naik, Senin, (25/9/2023) yang dipandang Barat akan mempersulit perang melawan inflasi global dan memberi tambahan sumber daya perang Rusia.  (Sumber: AP Photo)

Apa Faktor Lain yang Memengaruhi Harga Minyak Bumi?

Pertanyaan besarnya adalah permintaan bahan bakar, yang meningkat seiring dengan pemulihan sektor perjalanan setelah pandemi Covid-19. Perekonomian Amerika Serikat (AS) yang kuat meningkatkan permintaan minyak, dan harga, sementara pertumbuhan yang lemah di China dan Eropa memiliki efek sebaliknya.

"Kami melihat potensi kenaikan harga minyak sebagai hampir terhabiskan dan jika ada, kemungkinan akan ada potensi setback mengingat ekonomi yang lemah," kata Thu Lan Nguyen, Kepala Riset Komoditas Commerzbank yang memperkirakan harga minyak akan mencapai $85 per barel menjelang akhir tahun. "Harga minyak hanya mungkin akan naik lebih lama jika prospek ekonomi mulai membaik, yang seharusnya terjadi tahun depan."

Faktor lain adalah spekulasi keuangan, dan tampaknya investor berbondong-bondong masuk ke pasar minyak dengan taruhan bahwa harga akan naik.

"Sebagian besar lonjakan harga di atas $85 per barel disebabkan oleh banjir uang spekulatif, sementara secara fundamental masih banyak minyak di dunia untuk memenuhi permintaan saat ini," kata Gary Peach, analis pasar minyak di Energy Intelligence.

Selain itu, lebih banyak minyak Iran mungkin akan masuk ke pasar karena AS "tutup mata" dalam memberlakukan sanksi untuk mencegah harga naik lebih tinggi, kata Leon. Ini bisa menambahkan 200.000 hingga 300.000 barel sehari.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x