Kompas TV internasional kompas dunia

Jet Tempur Siluman F-35 Hilang Misterius, Anggota Dewan Sindir Marinir AS: kok malah Tanya Warga?

Kompas.tv - 19 September 2023, 08:20 WIB
jet-tempur-siluman-f-35-hilang-misterius-anggota-dewan-sindir-marinir-as-kok-malah-tanya-warga
Ilustrasi. Sebuah jet tempur siluman F-35 Lightning II bikinan Lockheed Martin tampak melakukan demonstrasi di Paris Air Show, Le Bourget, Paris, Prancis, 20 Juni 2017. Pada Minggu (17/9/2023), sebuah F-35 dilaporkan hilang misterius usai pilotnya melontarkan diri di South Carolina, AS. (Sumber: AP Photo/Michel Euler, File)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Deni Muliya

SOUTH CAROLINA, KOMPAS.TV – Insiden hilangnya jet militer siluman F-35 milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) usai pilotnya melontarkan diri di South Carolina, AS, Minggu (17/9/2023), memantik beragam reaksi.

Salah satunya anggota parlemen AS dari Partai Republik yang tak habis pikir mengapa pesawat tempur militer itu bisa hilang secara misterius.

Nancy Mace, seorang anggota dewan untuk South Carolina dari Partai Republik, menuangkan reaksi sekaligus sindirannya lewat media sosial X.

“Bagaimana bisa Anda kehilangan sebuah F-35? Bagaimana bisa tak ada alat pelacak dan kita malah bertanya pada masyarakat untuk menemukan jet tempur dan menyerahkannya?” tulisnya di X, Senin (18/9).

Baca Juga: Aneh, Jet Tempur F-35 AS Hilang Misterius usai Pilot Keluar Kokpit di Tengah Penerbangan

“Apa yang terjadi pada F-35? @usmc (Korps Marinir AS) akan melakukan briefing dengan kantor kami sesaat lagi. Jika kami tak dapat jawaban, selanjutnya kami mungkin akan bertanya pada @pepsi @netflix. #DiManaJetKu,” tulisnya kembali menyindir seraya menyebut layanan streaming yang kerap menayangkan film dokumenter tentang beragam kasus di dunia, mulai dari kasus kriminal hingga kecelakaan pesawat.   

Cuitan seorang anggota dewan Amerika Serikat (AS) menyindir hilangnya jet tempur siluman F-35 di North Charleston, South Carolina, AS, Minggu (17/9/2023). (Sumber: Tangkap layar X.)

Sementara itu, melansir Associated Press, pencarian terhadap jet tempur F-35 Lightning II yang hilang difokuskan di Danau Moultrie dan Danau Marion yang terletak di North Charleston, negara bagian South Carolina.

Pencarian di wilayah itu didasarkan dari lokasi hilangnya pesawat militer dan lintasan yang dilaluinya. 

Aparat penegak hukum South Carolina juga mengerahkan helikopter dan bergabung dalam misi pencarian F-35 setelah cuaca buruk yang melanda wilayah itu mereda.

Dalam unggahan online pada Minggu, pihak marinir AS juga meminta bantuan masyarakat untuk menemukan jet tempur siluman itu.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x