Kompas TV internasional kompas dunia

Aneh, Jet Tempur F-35 AS Hilang Misterius usai Pilot Keluar Kokpit di Tengah Penerbangan

Kompas.tv - 18 September 2023, 19:46 WIB
aneh-jet-tempur-f-35-as-hilang-misterius-usai-pilot-keluar-kokpit-di-tengah-penerbangan
Pesawat F-35B di landasan pacu setelah mendarat di pangkalan angkatan udara Akrotiri Royal dekat kota Limassol, Siprus, Selasa, 21 Mei 2019. Sebuah jet tempur F-35 milik militer Amerika Serikat (AS) hilang usai pilot jet itu melontarkan diri dari kokpit di tengah penerbangan, Minggu (17/9/2023). Pilot dari Korps Marinir AS itu disebut melontarkan diri dengan selamat, tetapi jet yang ditumpanginya hilang. (Sumber: AP Photo/Petros Karadjias)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Sebuah jet tempur F-35 milik militer Amerika Serikat (AS) hilang usai pilot jet itu melontarkan diri dari kokpit di tengah penerbangan, Minggu (17/9/2023). Pilot dari Korps Marinir AS itu disebut melontarkan diri dengan selamat, tetapi jet yang ditumpanginya hilang.

Pilot itu mengaktifkan kursi lontar dan terjun payung dengan selamat di daerah North Charleston, South Carolina, AS. Belum diketahui mengapa pilot itu mengaktifkan kursi lontar.

Baca Juga: Jet Tempur Militer Jatuh hingga Meledak Tewaskan Bocah 5 Tahun, Pilotnya Selamat

Pejabat militer AS, Mayor Melanie Salinas menyebut pilot tersebut telah dibawa ke rumah sakit dan dalam kondisi stabil. Militer AS tidak merilis informasi mengenai identitas pilot itu.


Sementara itu, perwira di Markas Gabungan Charleston, Sersan Heather Stanton menyampaikan bahwa pencarian unit F-35 Lightning II itu difokuskan di dua danau berdasarkan lokasi terakhir dan lintasan pesawat.

Militer AS pun secara terbuka meminta bantuan penduduk setempat untuk ikut mencari pesawat. Pihak kepolisian setempat turut menerjunkan helikopter untuk mencari jet tempur tersebut.

Otoritas terkait dilaporkan tengah menyelidiki kenapa pilot itu melontarkan diri dari F-35 di tengah penerbangan. Pilot itu melakoni penerbangan bersama seorang pilot lain yang juga menerbangkan F-35, tetapi pesawat satunya kembali ke pangkalan dengan utuh. 

Kedua pilot dan pesawat F-35 tersebut dilaporkan berasal dari Skuadron Latihan Serbu Marinir 501 yang berbasis di Beaufort, South Carolina.

Baca Juga: Israel Beli Tambahan Jet Tempur Siluman F-35 dari AS, Siap Siaga Lawan Iran

 

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x