Kompas TV internasional kompas dunia

Media Asing Sorot Penggusuran Pulau Rempang, Singgung Kehidupan Masyarakat Adat dan Respons Jokowi

Kompas.tv - 16 September 2023, 23:30 WIB
media-asing-sorot-penggusuran-pulau-rempang-singgung-kehidupan-masyarakat-adat-dan-respons-jokowi
Petugas membersihkan pohon yang ditumbangkan dan dibakar warga untuk menghalangi aparat gabungan masuk ke Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (7/9/2023). Media-media luar negeri turut menyorot penggusuran dan bentrokan di Pulau Rempang, Kepualuan Riau belakangan ini. Warga di pesisir Rempang hendak digusur untuk proyek Eco-City yang dikerjakan Badan Pengusahaan (BP) Batam bersama perusahaan swasta PT Makmur Elok Graha (MEG).(Sumber: Kompas.id )
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Media-media luar negeri turut menyorot penggusuran dan bentrokan di Pulau Rempang, Kepualuan Riau belakangan ini. Warga di pesisir Rempang hendak digusur untuk proyek Eco-City yang dikerjakan Badan Pengusahaan (BP) Batam bersama perusahaan swasta PT Makmur Elok Graha (MEG).

Media yang berbasis di Qatar misalnya, Al Jazeera menyorot relokasi sekitar 7.500 penduduk akibat proyek Eco-City tersebut. Kebanyakan warga yang digusur sebelumnya mengandalkan penghidupan dari laut sebagai pedagang ikan atau nelayan.

Penggusuran Rempang disorot usai terjadi bentrokan antara warga dengan aparat gabungan di Jembatan Batam-Rempang-Galang pada 7 September 2023. Bentrokan ini sempat menyebabkan siswa sekolah dasar dan sekolah menengah di Rempang terkena gas air mata.

Al Jazeera menyorot kerja sama BP Batam dan PT MEG dengan perusahaan panel surya China, Xinyi Glass. Perusahaan China itu disebut menjanjikan investasi miliaran dolar untuk membuat pabrik panel surya dan kaca di Rempang.

Baca Juga: Gelar Solidaritas dan Doa untuk Warga Pulau Rempang, Muhammadiyah: Daulat Rakyat Masih Ada

Ian Wilson, akademisi Universitas Murdoch Australia yang meneliti penggusuran paksa di Indonesia, menyebut situasi di Rempang sebagai bagian dari "praktik umum (pemerintah) melihat penduduk setempat sebagai penghambat pembangunan."

"Itu adalah cara kekerasan yang struktural dalam menangani masyarakat," kata Wilson dikutip Al Jazeera, Jumat (15/9/2023).

Sementara itu, tokoh masyarakat Melayu Kepulauan Riau, Raja Zainudin menyebut pemerintah tidak memahami masyarakat adat Melayu. Ia menyebut warga setempat telah memanfaatkan daratan dan lautan Rempang selama berabad-abad untuk menyambung hidup.

"Mereka yang ingin membangun di pulau ini harus memahami sejara. Belajarlah sejarah, belajar tentang kebudayaannya, dan belajar cara hidup masyarakat setempat," kata Raja.



Sumber : Al Jazeera, The Star, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x