Kompas TV internasional kompas dunia

Foto Pasukan TNI, AS, Jepang, Singapura, dan Barat Latihan Tempur Pendaratan Amfibi di Jawa Timur

Kompas.tv - 10 September 2023, 17:14 WIB
foto-pasukan-tni-as-jepang-singapura-dan-barat-latihan-tempur-pendaratan-amfibi-di-jawa-timur
Marinir Indonesia menembakkan peluru artileri saat operasi pendaratan amfibi pada latihan militer Super Garuda Shield di Situbondo, Jawa Timur, Indonesia, Minggu, 10 September 2023. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Ribuan prajurit dari Amerika Serikat, Indonesia, Australia, dan pasukan Barat lainnya seperti Jepang, Inggris, Prancis dan Singapura memamerkan kemampuan militer termasuk mengerahkan tank tempur, kendaraan pendaraf amfibi, kendaraan lapis baja dan artileri hari Minggu, (10/9/2023) dalam latihan tempur di beberapa lokasi di Jawa Timur, di tengah meningkatnya tindakan asertif dari China di wilayah Asia Tenggara dan Indo-Pasifik.

Berkekuatan 5.000 personil gabungan berbagai negara, latihan militer Super Garuda Shield di antaranya menggelar latihan tempur pendaratan amfibi di Situbondo, Jawa Timur, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Minggu, (10/9/2023).

Super Garuda Shield 2023 berlangsung selama dua minggu di Jawa Timur dan mempertemukan lebih dari 5.000 tentara Indonesia dan Amerika Serikat, termasuk 1.000 lebih tentara Australia, Jepang dan Singapura serta peserta baru Prancis dan Inggris. 12 negara lainnya mengirimkan pengamat.

Latihan mencakup pertukaran akademis dan lokakarya pengembangan profesional, simulasi komando dan kendali, latihan amfibi, operasi lintas udara, latihan perebutan lapangan udara, dan pelatihan lapangan gabungan yang akan diakhiri dengan serangan langsung, melibatkan pasukan infanteri, kendaraan lapis baja, tank tempur utama, artileri medan, penerjunan pasukan dari udara, dan operasi penyerbuan amfibi.

Pasukan Australia kali ini membawa lima tank tempur M1A1 Abrams dan TNI menggelar dua tank terbaru Leopard-2 dalam latihan tempur dua minggu di Banyuwangi Jawa Timur yang dimulai pada tanggal 1 September. Latihan ini mencakup latihan tembakan langsung dengan amunisi tajam. Ini adalah kali pertama Australia mengelar tank tempur di luar wilayahnya sejak Perang Vietnam.

Baca Juga: Pamer Kekuatan Super Garuda Shield di Tengah Ancaman China, M1A1 Abrams dan Leopard-2 Beraksi

Kapal pendarat Hovercraft AL AS saat operasi pendaratan amfibi pada latihan militer Super Garuda Shield di Situbondo, Jawa Timur, Indonesia, Minggu, 10 September 2023. (Sumber: AP Photo)

China melihat latihan yang diperluas ini sebagai ancaman dan menuduh AS membangun aliansi Indo-Pasifik serupa dengan NATO untuk membatasi pengaruh militer dan diplomatis yang semakin berkembang dari China di wilayah tersebut.

Mayor Jenderal Marcus Evans, Komandan Umum Divisi Infanteri ke-25 Angkatan Darat AS, mengatakan kepada Associated Press dalam wawancara hari Sabtu bahwa pengenalan kemampuan lapis baja dalam latihan berskala besar ini akan memberikan kesempatan bagi pasukan sekutu dan mitra pertahanan seperti Indonesia untuk menguji senjata mereka dalam latihan tempur saat mereka menyempurnakan kesiapan militer mereka.

Garuda Shield diadakan di beberapa tempat, termasuk di perairan sekitar Natuna di bagian selatan Laut China Selatan.

Indonesia dan China memiliki hubungan yang umumnya positif, tetapi Jakarta menyatakan kekesalannya atas apa yang mereka lihat sebagai perampasan China terhadap zona ekonomi eksklusif Indonesia di Laut China Selatan. Tepi zona ekonomi eksklusif Indonesia tumpang tindih dengan "garis sembilan dash" yang dinyatakan secara sepihak oleh Beijing untuk menandai klaim mereka di wilayah tersebut.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x