Kompas TV internasional kompas dunia

India Mumet Perjuangkan Suara Global Selatan di KTT G20, Dibayangi Desakan Barat Soal Ukraina

Kompas.tv - 8 September 2023, 23:30 WIB
india-mumet-perjuangkan-suara-global-selatan-di-ktt-g20-dibayangi-desakan-barat-soal-ukraina
India  tuan rumah KTT G20 tahun ini, berjanji tidak membiarkan Ukraina mengalahkan kebutuhan negara-negara berkembang Global Selatan, tetapi banyak dari isu-isu tersebut sangat dipengaruhi oleh perang tersebut (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Memang tidak pernah mudah bagi para pemimpin dari negara-negara terbesar di dunia untuk menemukan kesamaan pandangan, tetapi dampak global dari perang Rusia di Ukraina berarti tantangan yang lebih besar untuk mencapai kesepakatan yang berarti dalam pertemuan G20 tahun ini di India.

PM India Narendra Modi, tuan rumah KTT G20 tahun ini, berjanji tidak membiarkan Ukraina mengalahkan kebutuhan negara-negara berkembang "Global Selatan," tetapi banyak dari isu-isu tersebut sangat dipengaruhi oleh perang tersebut, seperti laporan dari Associated Press, Jumat, (8/9/2023).

"New Delhi tidak ingin mengalihkan perhatian dari agenda utama, yaitu mengatasi masalah yang menjadi perhatian Global Selatan," kata Nazia Hussain, seorang peneliti di S. Rajaratnam School of International Studies di Singapura.

"Jadi, meskipun akan ada diskusi tentang isu-isu yang muncul sebagai dampak dari perang - keamanan rantai pasokan dan pemisahan, keamanan energi, dan pasokan pangan - fokus harus tetap pada bagaimana mengurangi dampaknya daripada membahas aspek geopolitik/keamanan dari perang." papar Nazia.

Namun, bahkan sebelum para pemimpin mulai datang untuk pertemuan tersebut, tugas tersebut terbukti sulit.

Rusia dan China, yang menjadi pendukung terpenting Moskow dalam perang melawan Ukraina, memblokir upaya untuk membuat pernyataan bersama atas keberatan terhadap penyebutan tentang Ukraina, penyebutan yang sama yang mereka setujui setahun yang lalu dalam pertemuan G20 di Bali yang mengatakan "sebagian besar anggota sangat mengutuk perang tersebut."

Sementara itu, Uni Eropa mengatakan bahasa kompromi yang disarankan oleh India tidak cukup kuat bagi mereka untuk setuju.

Baca Juga: Ini Hasil Lengkap Pernyataan Bersama Pemimpin KTT Asia Timur yang Dipimpin Jokowi

Jika para pemimpin tidak berhasil mengatasi kebuntuan ini, itu bisa menjadi pertama kalinya pertemuan kelompok ini berakhir tanpa pernyataan bersama yang mencerminkan komitmen negara-negara tersebut.(Sumber: AP Photo)

Jika para pemimpin tidak berhasil mengatasi kebuntuan ini, itu bisa menjadi pertama kalinya pertemuan kelompok ini berakhir tanpa pernyataan bersama yang mencerminkan komitmen negara-negara tersebut.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menyampaikan pidato melalui video di pertemuan Bali tahun lalu, tetapi Modi dengan sengaja tidak mengundang Ukraina untuk berpartisipasi dalam acara tahun ini.

Namun, Gedung Putih mengatakan agenda Presiden Joe Biden termasuk "mengurangi dampak ekonomi dan sosial perang Putin di Ukraina."

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bahkan berjanji kepada presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk tetap membawa Ukraina dalam diskusi, memberitahunya dalam panggilan video yang diposting Zelenskyy di Instagram bahwa "Saya kecewa Anda tidak akan disertakan tetapi seperti yang Anda ketahui, kami akan berbicara dengan tegas untuk Anda."

Didirikan tahun 1999, G20 awalnya merupakan tanggapan terhadap tantangan ekonomi global, tetapi sejak itu, ketegangan geopolitik membawa politik ke dalam diskusi, mempersulit kemampuannya untuk bekerja secara efektif, kata Ian Lesser, wakil presiden German Marshall Fund dan direktur kantor Brussels.

G20 mencakup negara-negara terkaya di dunia dalam Grup G7, termasuk AS, Kanada, Inggris, Jepang, Jerman, dan Uni Eropa sebagai sebuah blok, bersama dengan Rusia, China, dan lainnya.

Serangan Rusia terhadap Ukraina dan penegasan diri China yang semakin kuat di wilayah Asia-Pasifik telah menambahkan friksi, membuat beberapa negara G20 paling kuat berhadapan secara langsung satu sama lain secara diplomatik, kata Lesser.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x