Kompas TV internasional kompas dunia

Pesawat Jatuh saat Latihan Militer Gabungan di Australia, 3 Marinir AS Tewas, 20 Terluka

Kompas.tv - 27 Agustus 2023, 18:42 WIB
pesawat-jatuh-saat-latihan-militer-gabungan-di-australia-3-marinir-as-tewas-20-terluka
Sebuah pesawat tiltrotor Bell Boeing V-22 Osprey yang hendak mendarat di kapal USS America di pesisir Brisbane, Australia, 20 Juni 2023. Sebuah pesawat tiltrotor Bell Boeing V-22 Osprey Korps Marinir Amerika Serikat (AS) jatuh saat mengikuti latihan militer gabungan di Pulau Melville, utara Australia, Minggu (27/8/2023), menewaskan tiga personel marinir. (Sumber: Darren England/AAP via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

DARWIN, KOMPAS.TV - Sebuah pesawat Korps Marinir Amerika Serikat (AS) jatuh saat mengikuti latihan militer gabungan di Pulau Melville, utara Australia, Minggu (27/8/2023). Insiden jatuhnya pesawat ini menewaskan tiga personel marinir AS dan membuat 30 lain terluka.

Selain itu, lima korban luka dalam kondisi serius dan diterbangkan ke Darwin untuk mendapatkan perawatan. "Upaya perawatan tengah berlangsung," demikian pernyataan Marinir AS dikutip Associated Press.

Baca Juga: Prabowo Temui Menhan Jerman, Bahas Latihan Gabungan dan Pembelian Kapal Selam

Pesawat yang jatuh saat latihan ini berjenis pesawat tiltrotor Bell Boeing V-22 Osprey. Pesawat ini memuat 23 orang saat kejadian.

"Kami mengakui bahwa ini adalah insiden yang mengerikan," kata Perdana Menteri Teritori Utara Australia Natasha Fyles.

"Pemerintah Teritori Utara siap sedia memberikan bantuan apa pun yang dibutuhkan," ujarnya.

Sementara itu, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese menyebut hanya personel militer AS yang menjadi korban dalam kecelakaan ini. Latihan gabungan bertajuk Exercise Predators Run di Australia ini diikuti tentara AS, Australia, Indonesia, Filipina, dan Timor Leste.

"Laporan awal menunjukkan bahwa insiden ini sebatas melibatkan personel pasukan pertahanan AS," kata Albanese.

"Fokus kami, pemerintahan dan kemeterian pertahanan, ada pada respons kecelakaan dan memastikan bahwa setiap dukungan dan bantuan diberikan pada masa sulit ini," ujarnya.

Baca Juga: Cerita Sopir Truk yang Coba Selamatkan Pengendara Motor Korban Pesawat Jatuh di Malaysia



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x