Kompas TV internasional kompas dunia

Prabowo Temui Menhan Jerman, Bahas Latihan Gabungan dan Pembelian Kapal Selam

Kompas.tv - 5 Juni 2023, 21:16 WIB
prabowo-temui-menhan-jerman-bahas-latihan-gabungan-dan-pembelian-kapal-selam
Arsip. Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto saat berbicara dalam forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2023 di Singapura, Sabtu (3/6/2023). (Sumber: Handout Tim Media Prabowo via Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius, Senin (5/6/2023). Kedua menhan sepakat meningkatkan kerja sama pertahanan dan merencanakan latihan gabungan dengan negara-negara lain di kawasan. 

Boris Pistorius juga menyatakan, ia membahas penjualan kapal selam ke Indonesia.

Baca Juga: Pertemuan Hangat Prabowo dengan Wakil PM Australia, Bahas Pertahanan

"Kami membicarakan kemungkinan kesepakatan sejumlah kapal selam. Kami juga membahas dua kapal penyapu ranjau yang sedang dalam perjalanan ke Indonesia," kata Boris dikutip Associated Press.

Sebelumnya, Prabowo Subianto dan Boris Pistorius sama-sama menghadiri Konferensi Dialog Shangri-La di Singapura pada akhir pekan lalu.

Dalam forum tersebut, Boris mengaku Jerman berkomitmen untuk bantu menjaga perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik. 


Sementara itu, Prabowo Subianto menyorot situasi Indo-Pasifik yang dipengaruhi rivalitas China dan Amerika Serikat (AS). Prabowo menyebut rivalitas ini dapat menjadi Perang Dingin yang baru.

Selain itu, Prabowo juga memaparkan usulan rencana perdamaian Rusia-Ukraina dengan menggelar referendum yang dipimpin Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Namun, usulan ini langsung ditolak Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov yang turut hadir di Singapura.

Baca Juga: Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar 37,9%, Prabowo 33,5%, Anies 19,2% di Kalangan Pemilih Kritis

 

 

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x