Kompas TV internasional kompas dunia

Bikin Gempar saat Layanan Bank Irlandia Lagi Eror, Nasabah Bisa Tarik Uang Meski Saldo Nol

Kompas.tv - 17 Agustus 2023, 20:12 WIB
bikin-gempar-saat-layanan-bank-irlandia-lagi-eror-nasabah-bisa-tarik-uang-meski-saldo-nol
Ilustrasi nasabah menekan nomor PIN saat bertransaksi di ATM (Sumber: eduardo-soares-utWyPB8_FU8-unsplash)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

DUBLIN, KOMPAS.TV - Sejumlah orang menyerbu mesin ATM Bank of Ireland (Bank Irlandia) setelah layanan bank mengalami eror yang memungkinkan nasabah bisa menarik uang meskipun tidak memiliki saldo di rekening mereka.

Dilansir dari Irish Independent, Bank of Ireland mengalami masalah teknis tiba-tiba yang memungkinkan nasabah dengan saldo nol untuk mentransfer uang hingga 1.000 euro atau sekitar Rp16,6 juta ke akun Revolut mereka.

Layanan kepolisian Irlandia, An Garda Siochana, mengatakan bahwa mereka menyadari adanya "volume aktivitas yang tidak biasa" pada beberapa mesin ATM di seluruh negara setelah laporan tentang orang-orang yang mengantri untuk menarik uang dari mesin ATM Bank of Ireland.

Garda juga mengatakan bahwa mereka menyadari masalah yang terkait dengan layanan perbankan pada hari Selasa setelah layanan online dan aplikasi bank mengalami gangguan. 

Pada malam hari Selasa (15/8/2023), dilaporkan bahwa petugas sedang menjaga beberapa mesin ATM setelah video diunggah di media sosial yang menunjukkan antrian panjang di Dublin, Limerick, dan Dundalk.

Terkait permasalahan ini, Bank of Ireland pun memperingatkan kepada para nasabahnya untuk tidak memakai uang melebihi saldo yang dimiliki.

Dikarenakan, pihak Bank of Ireland bakal tetap mendebit uang yang mereka tarik atau transfer dari rekening nasabah.

"Kami ingin mengingatkan para pelanggan bahwa jika mereka mentransfer atau menarik dana - termasuk melebihi batas normal mereka - uang ini akan didebet dari rekening mereka," bunyi pernyataan Bank of Ireland dikutip dari The Telegraph, Rabu (16/8).

"Meskipun kami sadar bahwa pelanggan mungkin tidak dapat memeriksa saldo mereka pada saat ini, mereka sebaiknya tidak menarik atau mentransfer dana jika kemungkinan akan mengakibatkan saldo rekening negatif."

Baca Juga: Konspirasi Kebakaran Hawaii, Benarkah Maui Sengaja Dibakar karena akan Diubah Jadi Smart City?



Sumber : Irish Independent/The Telegraph


BERITA LAINNYA



Close Ads x