Kompas TV internasional kompas dunia

Tornado Hantam Chicago, Ratusan Penerbangan Terganggu

Kompas.tv - 13 Juli 2023, 11:55 WIB
tornado-hantam-chicago-ratusan-penerbangan-terganggu
Kerusakan di gedung Sinnott Tree Service di McCook, Illinois, Rabu 12 Juli 2023. Tornado mendarat Rabu malam di dekat Bandara Internasional OHare Chicago, membuat penumpang harus mencari tempat berlindung dan mengganggu ratusan penerbangan. (Sumber: The Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

CHICAGO, KOMPAS.TV - Tornado melanda Chicago, Amerika Serikat, dekat dengan Bandara Internasional O'Hare Chicago, Rabu (12/7/2023). Peristiwa ini mendorong penumpang untuk berlindung dan bahkan mengganggu ratusan penerbangan. Namun demikian, tidak ada laporan warga yang terluka akibat bencana tersebut.

Tornado mulai datang sekitar pukul 7 malam, menurut Layanan Cuaca Nasional di Chicago.

“Tornado ini sesekali menyentuh tanah dan bergerak ke timur. Ada sirkulasi tambahan di sepanjang garis selatan O'Hare. Cari perlindungan jika berada di area yang diperingatkan," ujar peringatan dari Layanan Cuaca Nasional di Chicago.

Kemudian sekitar pukul 8 malam, badan tersebut menginformasikan bahwa badai bergerak ke timur menuju barat daya Michigan, dan peringatan tornado diberlakukan hingga Kamis pagi untuk sebagian Michigan, Indiana, dan Ohio.

Baca Juga: Tornado Menghantam 11 Negara Bagian di AS, Sedikitnya 32 Orang Tewas

Video dari stasiun TV menunjukkan ratusan orang berlindung di ruang pertemuan Bandara O'Hare. Sekitar 173 penerbangan yang berangkat dari bandara dibatalkan dan lebih dari 500 ditunda.

Kevin Bargnes, direktur komunikasi untuk Bandara Internasional O'Hare dan Chicago Midway, mengatakan kepada WGN-TV Rabu malam bahwa tidak ada kerusakan yang dilaporkan di kedua bandara.

Layanan Cuaca Nasional telah mengeluarkan dua peringatan tornado untuk Chicago Rabu malam. Sirene tornado terdengar memperingatkan orang-orang untuk mencari perlindungan.

Lynn Becker, seorang penduduk lama Chicago, memposting video ke Twitter dengan sirene tornado yang menggelegar melintasi cakrawala ikon kota.

“Saya berada di gedung apartemen 60 lantai jadi pilihan saya untuk mencari tempat berlindung agak terbatas,” katanya. "Kita harus masuk ke inti gedung."



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x