Kompas TV internasional kompas dunia

Inilah Anjing Tertua di Dunia, Umurnya 31 Tahun

Kompas.tv - 7 Juli 2023, 07:40 WIB
inilah-anjing-tertua-di-dunia-umurnya-31-tahun
Seorang anjing Portugal berusia 31 tahun, Bobi, resmi masuk Guinness World Records sebagai anjing tertua di dunia. Bobi adalah anjing penggembala ternak dengan harapan hidup rata-rata hanya 12-14 tahun. Namun, ia berhasil melewati dua kali lipat usia rata-rata tersebut, seperti dilansir oleh Anadolu pada hari Kamis, (6/7/2023). (Sumber: Guinness World Record)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

ANKARA, KOMPAS.TV - Seorang anjing Portugal berusia 31 tahun, Bobi, resmi masuk Guinness World Records sebagai anjing tertua di dunia.

Bobi adalah anjing Rafeiro do Alentejo murni berusia 31 tahun, masuk Guinness World Records sebagai "anjing tertua di dunia."

Bobi adalah anjing penggembala ternak dengan harapan hidup rata-rata hanya 12-14 tahun. Namun, ia berhasil melewati dua kali lipat usia rata-rata tersebut, seperti dilansir oleh Anadolu, Kamis (6/7/2023).

Dengan tanggal lahir 11 Mei 1992, Guinness World Records menggambarkannya sebagai "bukan hanya anjing tertua yang masih hidup; dia adalah anjing tertua sepanjang masa."

"Dia telah menjalani seluruh hidupnya bersama keluarga Costa di pedesaan Conqueiros, di Leiria, Portugal," tambah pernyataan Guinness.

Guinness mengatakan, tanggal kelahiran Bobi telah dikonfirmasi melalui Layanan Kedokteran Hewan dari Pemerintah Kota Leiria yang mendaftarkan usia anjing pada tahun 1992.

Baca Juga: Kehebatan Anak Tertua Jadi Kunci Selamatnya 4 Anak Kolombia yang Hilang 40 Hari di Hutan Amazon

Seorang anjing Portugal berusia 31 tahun, Bobi, resmi masuk Guinness World Records sebagai anjing tertua di dunia. Bobi adalah anjing penggembala ternak dengan harapan hidup rata-rata hanya 12-14 tahun. Namun, ia berhasil melewati dua kali lipat usia rata-rata tersebut. (Sumber: Straits Times)

Sementara itu, pemiliknya, Leonel Costa, mengatakan salah satu alasan penting atas umur panjang anjing kesayangannya adalah karena ia telah hidup sepanjang hidupnya jauh dari kota di lingkungan yang tenang dan damai.

Bobi, yang tidak pernah diikat tali, selalu bebas menjelajahi hutan dan peternakan di sekitarnya, catat Costa.

"Anjing Portugal ini telah memecahkan rekor hampir seabad. Anjing tertua sebelumnya, Bluey (1910-1939), adalah Anjing Domba Australia yang berusia 29 tahun dan 5 bulan," menurut Guinness World Records.



Sumber : Anadolu


BERITA LAINNYA



Close Ads x