Kompas TV internasional kompas dunia

Dua Orang Tewas dan Puluhan Orang Terluka dalam Penembakan di Baltimore AS

Kompas.tv - 3 Juli 2023, 08:32 WIB
dua-orang-tewas-dan-puluhan-orang-terluka-dalam-penembakan-di-baltimore-as
Seorang operator truk derek memeriksa kendaraan dengan beberapa lubang peluru di dekat area insiden penembakan massal di Baltimore, Amerika Serikat, Minggu, 2 Juli 2023. Dua orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat peristiwa ini. (Sumber: The Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

BALTIMORE, KOMPAS.TV - Tembakan meletus di sebuah pesta di Baltimore, Amerika Serikat, Minggu (2/7/2023). Dua orang tewas dan 28 orang lainnya luka-luka. Tiga dari korban luka berada dalam kondisi kritis dan belasan korban luka merupakan anak-anak di bawah 18 tahun.

“Penembakan itu terjadi tepat setelah pukul 12:30 ketika setidaknya dua orang melepaskan tembakan ke sebuah pesta di area Brooklyn Homes di bagian selatan kota,” kata Richard Worley, penjabat komisaris polisi Baltimore, seperti dikutip dari Associated Press

Menurutnya tidak ada penangkapan yang dilakukan hingga sore hari. Hingga kini Worley belum mengetahui apakah penembakan itu ditargetkan atau dilakukan secara acak.

Penembakan itu terjadi di tengah pertemuan di seluruh negeri menjelang liburan hari kemerdekaan Amerika Serikat. 

Kekerasan di Baltimore terjadi ketika jaksa federal menggembar-gemborkan upaya mereka untuk mengurangi kejahatan dan kekerasan di kota itu. Polisi telah melaporkan hampir 130 pembunuhan dan hampir 300 penembakan sepanjang tahun ini. Jumlah ini dinilai besar, meski turun dari waktu yang sama tahun lalu. 

Baca Juga: Sedikitnya Tiga Orang Tewas dan Lima Lainnya Luka-luka Dalam Penembakan di Kansas

“Sembilan korban pada hari Minggu diangkut dengan ambulans dan 20 lainnya masuk ke rumah sakit daerah dengan luka-luka akibat penembakan itu,” kata Worley. Sembilan orang masih dirawat di rumah sakit pada Minggu sore.

Polisi menyatakan, seorang wanita berusia 18 tahun ditemukan tewas di tempat kejadian dan seorang pria berusia 20 tahun dinyatakan meninggal di rumah sakit tidak lama kemudian.

"Saya ingin mereka yang bertanggung jawab mendengarkan saya, dan mendengar saya dengan sangat jelas," kata Wali Kota Brandon Scott di tempat kejadian. 

“Kami tidak akan berhenti sampai kami menemukanmu, dan kami akan menemukanmu. Sampai saat itu, saya harap setiap napas yang Anda hirup, pikirkan tentang kehidupan yang Anda ambil, pikirkan tentang kehidupan yang Anda pengaruhi di sini malam ini,” ujarnya.

Scott meminta siapa pun yang memiliki informasi untuk maju membantu penyelidik menemukan orang yang bertanggung jawab atas penembakan itu.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x