Kompas TV internasional kompas dunia

Yevgeny Prigozhin: jika Pasukan Rusia seperti Wagner, Ukraina Jatuh dalam Sehari

Kompas.tv - 27 Juni 2023, 01:05 WIB
yevgeny-prigozhin-jika-pasukan-rusia-seperti-wagner-ukraina-jatuh-dalam-sehari
Pemimpin kelompok militer Wagner, Yevgeny Prigozhin, baru saja mengunggah pesan audio selama 11 menit di akun Telegram, Senin (26/6/2023). Prigozhin menyatakan alasan tindakannya adalah karena tidak setuju menandatangani kontrak dengan Kementerian Pertahanan Rusia yang menyebut perusahaan tentara bayaran miliknya akan berhenti beroperasi pada tanggal 1 Juli, bukan untuk mendongkel Putin. (Sumber: Telegram / Orchestra_W)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Bos Wagner Group, Yevgeny Prigozhin merilis pesan audio yang menjadi kemunculan pertamanya usai mengakhiri pemberontakan tentara bayaran pada Sabtu (24/6/2023) lalu. Dalam pesan yang disiarkan pada Senin (26/6) tersebut, Prigozhin menyampaikan alasan pemberontakan sekaligus mengkritik militer Rusia.

Eks pengusaha katering itu menyebut, mudahnya Wagner menembus Rusia menunjukkan kerentanan keamanan di negara itu. Ia juga membanggakan Wagner dengan menyebut kemampuan pasukannya lebih unggul dari pasukan resmi Rusia.

Prigozhin menyatakan, jika gelombang pertama invasi Rusia ke Ukraina menggunakan pasukan yang terlatih seperti Wagner, Ukraina bisa jatuh dalam waktu sehari.

"Jika aksi Rusia di Ukraina pada Februari lalu diluncurkan oleh pasukan seterlatih Wagner, operasi khusus ini bisa berakhir dalam sehari," kata Prigozhin sebagaimana dikutip Al Jazeera.


Baca Juga: Mantan Petinggi CIA Sebut Prigozhin Berpeluang Mati secara Misterius di Belarusia, Ini Alasannya

Prigozhin mengeklaim pasukannya berhasil melaju sejauh 780 kilometer tanpa menghadapi perlawanan militer selama pemberontakan. Pasukan Wagner diketahui sempat menguasai kota Rostov dan Voronezh sebelum membatalkan pemberontakan.

Meskipun tidak memicu perang saudara, pasukan Wagner sempat menembak jatuh sejumlah helikopter dan pesawat komunikasi militer Rusia, menewaskan sedikitnya 15 orang. Prigozhin mengaku prihatin dengan insiden tersebut, tetapi bersikeras bahwa helikopter dan pesawat itu menyerang konvoi Wagner.

Yevgeny Prigozhin sendiri setuju untuk mengasingkan diri ke Belarusia usai membatalkan pemberontakan. Ia menyebut Presiden Belarusia Aleksandar Lukashenko sedang berupaya memastikan Wagner masih bisa beroperasi secara sah.

Baca Juga: Rusia Tegaskan Investigasi Pidana terhadap Bos Wagner Tetap Aktif, Prigozhin Masih Senyap

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x