Kompas TV internasional kompas dunia

Vladimir Putin Angkat Bicara soal Pemberontakan Wagner: Pengkhianatan karena Ambisi Berlebihan

Kompas.tv - 24 Juni 2023, 15:02 WIB
vladimir-putin-angkat-bicara-soal-pemberontakan-wagner-pengkhianatan-karena-ambisi-berlebihan
Dalam foto yang diambil dari video yang dirilis Dinas Pers Kepresidenan Rusia tampak Presiden Vladimir Putin berpidato di Moskow, Rusia, Sabtu, 24 Juni 2023. Pidato tersebut disampaikan setelah pimpinan kelompok tentara bayaran, Yevgeny Prigozhin, menyerukan pemberontakan bersenjata. (Sumber: Dinas Pers Kepresidenan Rusia via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

 

MOSKOW, KOMPAS.TV - Presiden Rusia Vladimir Putin akhirnya angkat bicara soal pemberontakan tentara bayaran Wagner Group yang terjadi sejak Jumat (23/6/2023) malam.

Putin menyebut pemberontakan ini sebagai "pemberontakan" karena "ambisi berlebihan."

Dia meminta tentara Wagner tidak membuat "kesalahan fatal" dan berhenti mengikuti perintah pemberontakan. Ia berjanji otoritas Rusia akan bertindak tegas.

Baca Juga: Upaya Kudeta Bos Wagner Prigozhin Kian Nyata, Klaim Kuasai Markas Militer dan Lapangan Udara Rostov

"Kami akan melindungi rakyat dan negara kami dari ancaman apa pun, termasuk pengkhianatan dari dalam. Angkatan Bersenjata dan badan pemerintah lain telah mendapatkan perintah yang dibutuhkan," kata Putin, Sabtu, sebagaimana dikutip TASS.

"Mereka yang mengangkat senjata melawan kamerad sendiri telah mengkhianati Rusia dan akan menebusnya," imbuh Putin.

Sebelumnya, pemimpin Wagner, Yevgeny Prigozhin, meluncurkan pemberontakan usai menuduh militer Rusia merudal kamp Wagner. Pasukan Wagner kemudian meninggalkan pos di Ukraina menuju Rusia.

Pada Sabtu, Wagner dilaporkan menduduki Rostov, kota besar di selatan Rusia. Belum diketahui kekuatan pasukan yang dibawa Prigozhin untuk memberontak di Rusia.

"Kami akan menghancurkan siapa pun yang menghalangi kami. Kami terus maju dan tidak akan berhenti hingga akhir," kata Prigozhin dalam pesan audio yang disebarkan pada Jumat (23/6) malam.

Baca Juga: Bos Wagner Prigozhin Dituduh Bakal Kudeta Putin, Marah Pasukannya Dibunuhi Militer Rusia


 




Sumber : TASS


BERITA LAINNYA



Close Ads x