Kompas TV internasional kompas dunia

Ngeri, Dokter di Sri Lanka Keluarkan Hampir 1 Kg Batu Ginjal, Rekor Terbesar dan Terberat di Dunia

Kompas.tv - 16 Juni 2023, 20:00 WIB
ngeri-dokter-di-sri-lanka-keluarkan-hampir-1-kg-batu-ginjal-rekor-terbesar-dan-terberat-di-dunia
Dokter militer Sri Lanka mengangkat batu ginjal paling besar dan paling berat di dunia dari seorang pensiunan tentara Sri Lanka berusia 62 tahun. Batu ginjal ini memiliki berat 801 g atau hampir 1 kg, lebih dari lima kali lipat berat ginjal pria pada umumnya, panjang 13,37 cm dan lebar 10,55 cm yang menjadi batu ginjal terbesar di dunia. (Sumber: Guinness World Record)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KOLOMBO, KOMPAS.TV - Dokter militer Sri Lanka berhasil mengangkat apa yang kini dicatat sebagai batu ginjal paling besar dan paling berat di dunia dari seorang pensiunan tentara Sri Lanka berusia 62 tahun. Demikian dikatakan Angkatan Darat (AD) Sri Lanka seperti dilaporkan Straits Times, Jumat (16/6/2023).

Operasi pengangkatan batu ginjal luar biasa ini dilaporkan pada Rabu (14/6/2023) oleh AD Sri Lanka.

Batu ginjal yang diangkat dari pensiunan sersan bernama Canistus Coonge ini memiliki berat 801 gram (g), lebih dari lima kali lipat berat ginjal pria pada umumnya.

Batu ginjal Coonge memiliki panjang 13,37 cm, lebih panjang dibandingkan dengan ginjal pada umumnya yang berukuran panjang sekitar 10 cm hingga 12 cm.

Dengan panjang 13,37 cm dan lebar 10,55 cm, batu ginjal ini menjadi batu ginjal terbesar yang pernah tercatat di dunia. Batu ginjal ini ternyata lebih besar daripada ukuran ginjal asli Coonge, yang memiliki panjang sekitar 11,8 cm.

Batu ginjal Coonge juga merupakan batu ginjal terberat di dunia, dengan berat 800 g atau hampir satu kilogram (kg), sekitar berat lima bola bisbol! Rekor sebelumnya adalah 620 g milik Wazir Muhammad (Pakistan) pada tahun 2008.

Batu ginjal Coonge yang memecahkan rekor ini berada di ginjal kanannya dan diidentifikasi oleh tim urologi di Rumah Sakit Angkatan Darat, Colombo, Sri Lanka.

"Pengangkatan batu ginjal terbesar dan terberat di dunia melalui operasi besar dilakukan pada tanggal 1 Juni di Rumah Sakit Angkatan Darat Colombo," kata militer Sri Lanka dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Dok Batu Ginjal Saya Sudah Hilang, Tapi Kok Akhir-Akhir Ini Ginjal Saya Sakit Seperti Dulu?!

Dokter militer Sri Lanka berhasil mengangkat apa yang kini dicatat sebagai batu ginjal paling besar dan paling berat di dunia dari seorang pensiunan tentara Sri Lanka berusia 62 tahun. Batu ginjal ini memiliki berat 801g atau hampir 1kg, lebih dari lima kali lipat berat ginjal pria pada umumnya, panjang 13,37 cm dan lebar 10,55 cm yang menjadi batu ginjal terbesar di dunia. (Sumber: Guinness World Record)


Sumber : Straits Times / Guinness World Record


BERITA LAINNYA



Close Ads x