Kompas TV internasional kompas dunia

Duh, Gudang Palang Merah Ukraina Dirudal Rusia, Bantuan Kemanusiaan Hangus

Kompas.tv - 8 Mei 2023, 21:12 WIB
duh-gudang-palang-merah-ukraina-dirudal-rusia-bantuan-kemanusiaan-hangus
Gudang Palang Merah Ukraina yang hancur akibat serangan Rusia di Odessa, Senin (8/5/2023). (Sumber: Dok. Palang Merah Ukraina)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

ODESSA, KOMPAS.TV - Gudang Palang Merah Ukraina yang memuat bantuan kemanusiaan di Odessa, barat daya Ukraina dilaporkan diserang rudal Rusia pada Senin (8/5/2023). Serangan ini menghancurkan gudang beserta bantuan kemanusiaan di dalamnya.

"Sebagai hasil serangan rudal ke wilayah Odessa pada 08-05-2023, gudang yang disewa organisasi cabang Palang Ukraina di Odessa dengan area 1.000 meter persegi sepenuhnya hancur," demikian bunyi pernyataan Palang Merah Ukraina.

"Penyaluran bantuan kemanusiaan dan aktivitas sejumlah program di Palang Merah Ukraina cabang Odessa ditangguhkan."

Baca Juga: Tentara Bayaran Rusia Akhirnya Batalkan Ancaman Tinggalkan Ukraina, Dijanjikan Amunisi Baru

Pada hari yang sama, Rusia juga dilaporkan menyerang sebuah desa di Oblast (daerah setingkat provinsi) Kherson dengan artileri. Enam orang terluka akibat serangan ini, termasuk seorang bocah berusia sembilan tahun.

Sebelumnya, pada Minggu (7/5) malam waktu setempat, otoritas Ukraina menyebut Rusia mengirim sejumlah serangan drone. Serangan-serangan ini menimbulkan empat korban jiwa.

Menanggapi serangan-serangan Rusia, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy membandingkan Rusia dengan Nazi Jerman. Pernyataan itu disampaikan Zelenskyy ketika hari peringatan kemenangan Perang Dunia Kedua atas Nazi Jerman pada 8 Mei.

"Dan semua kejahatan lama yang dibangkitkan Rusia modern akan dikalahkan, sebagaimana Nazisme dikalahkan," kata Zelenskyy dikutip Al Jazeera.

Baca Juga: Menlu Ukraina Ajak Negara-Negara Asia Tinggalkan Netralitas: Mari Berpihak ke Ukraina


 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x