Kompas TV internasional kompas dunia

Astronot Arab Abadikan Pemandangan Spektakuler Ka'bah dari Luar Angkasa: Bersinar seperti Bintang

Kompas.tv - 19 April 2023, 23:00 WIB
astronot-arab-abadikan-pemandangan-spektakuler-ka-bah-dari-luar-angkasa-bersinar-seperti-bintang
Astronot Uni Emirat Arab (UEA), Sultan Al-Neyadi, membagikan rekaman indah kota Makkah, Ka'bah dan Madinah seperti yang dilihat dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) (Sumber: Twitter/@Astro_Alneyadi)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

RIYADH, KOMPAS.TV - Astronot Uni Emirat Arab (UEA), Sultan Al-Neyadi, membagikan rekaman indah kota Makkah, Ka'bah dan Madinah seperti yang dilihat dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), seperti laporan Arab News, Rabu (19/4/2023).

Al-Neyadi berkisah, saat itu dirinya tengah memperbesar dan memperkecil rekaman bagian barat Arab Saudi pada malam hari. Klip pertama menunjukkan kota Madinah, kemudian beralih ke Jeddah sebelum menampilkan Makkah, dengan Ka'bah bersinar paling terang dari luar angkasa.

Al-Neyadi menyebut pemandangan itu 'sungguh indah'. 

"Mereka bersinar seperti bintang, dan ini adalah salah satu pemandangan terindah yang pernah saya lihat," katanya dalam video yang diunggah ke akun Twitternya @Astro_Alneyadi. 

Al-Neyadi menyebut rekaman video Makkah dan Madinah dari luar angkasa itu sebagai "hadiah untuk anak-anak Salman di malam yang diberkati ini". 

Astronot UEA itu tiba di stasiun yang melayang di jalur orbit 408 km di atas permukaan bumi itu pada 3 Maret 2023. 

Memotret dari luar angkasa adalah salah satu "kegiatan favoritnya", kata Al-Neyadi sambil berbagi gambar yang menakjubkan tentang badai pasir bulan lalu.

Sultan Al-Neyadi akan menjadi orang Arab pertama yang menyelesaikan spacewalk ketika keluar dari ISS pada 28 April.

Dia mengikuti jejak astronot Arab lainnya termasuk Emirati Hazzaa al-Mansouri yang menjadi orang Arab pertama di ISS pada tahun 2019, dan Pangeran Arab Saudi Sultan bin Salman yang menjadi orang Arab pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa pada tahun 1985.

Baca Juga: Arab Saudi Kirim Astronot Perempuan Pertama ke Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS

Kenangan hidup astronot Emirat Sultan Neyadi sebagai mahasiswa di Inggris juga diungkap setelah dia melintasi Selat Inggris dari luar angkasa.

Sultan Al Neyadi, yang memulai misi jangka panjang pertama dunia Arab di Stasiun Luar Angkasa Internasional, lulus dari University of Brighton dengan gelar di bidang teknik elektronik dan komunikasi pada tahun 2004.



Sumber : Arab News/Al-Arabiya/Khaleej Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x