Kompas TV internasional kompas dunia

Janji Menpora Cari Solusi atas Israel di World Beach Games Bali Disorot Media Inggris

Kompas.tv - 13 April 2023, 13:30 WIB
janji-menpora-cari-solusi-atas-israel-di-world-beach-games-bali-disorot-media-inggris
Menpora Dito Ariotejdo mengatakan pihaknya akan berupaya berkomunikasi dan berkoordinasi lebih intensif dengan stakeholder yang ada terkait kabar penolakan Gubernur Bali I Wayan Koster terhadap partisipasi Tim Israel dalam Kejuaraan 2nd ANOC World Beach Games (WBG) 2023 di Bali (Sumber: Dok. Kemenpora)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Media Inggris menyoroti janji Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo atas keikutsertaan Israel di World Beach Gomes 2023 di Bali.

Sebelumnya, Gubernur Bali, Wayan Koster kembali menolak ikutnya Israel di ajang tersebut yang akan diselenggarakan di wilayahnya.

Penolakan Wayan Koster atas hadirnya Israel di Piala Dunia U20, juga disebut salah satu penyebab Indonesia dicabut sebagai tuan rumah.

Media olahraga Inggris, Inside The Game mengungkapkan Dito berjanji akan menjembatani komuinikasi untuk menemukan solusi terkait partisipasi Israel di World Beach Games.

Baca Juga: China Kurangi Waktu Zona Larangan Terbang di Dekat Taiwan, Dari Tiga Hari Jadi 27 Menit

“Ia juga dilaporkan telah bertemu dengan Koster untuk membicarakan lebih lanjut atas masalah World Beach Games, dan berharap ditemukan solusi dalam dua pekan ke depan,” tulis media tersebut.

Dito juga menambahkan bahwa keputusan akhir ada di Kementerian Luar Negeri.

Oleh karena itu, ia juga berjanji akan berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

“Kemenpora memandang masalah dari aspek penyelenggaran program dunia, (kami tidak) berada di ranah penanganan masalah Israel, itu ranah Kementerian Luar Negeri,” ujar Dito.

Baca Juga: Dokumen Rahasia AS Kembali Bocor, Sebut Sekjen PBB Mengakomodasi Kepentingan Rusia

Komite Asosiasi Olimpiade Nasional (ANOC) mengungkapan bahwa saat ini melakukan dialog secara lebih dekat dengan otoritas Indonesia.


 

Mereka juga menambahkan bahwa Komite Olimpiade Indonesia (KOI) memastikan semua anggota NOC yang sudah lolos kualifikasi disambut di Bali..

Inside The Games mengungkapkan bahwa Indonesia dengan populasi umat Muslim terbesar di dunia.

Mereka menyebutkan bahwa Indonesia merupakan pendukung Palestina, dan tak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.



Sumber : Inside The Games


BERITA LAINNYA



Close Ads x