Kompas TV internasional kompas dunia

Musim Kemarau Hebat Landa Thailand, Indeks Panas Bangkok Hari Ini Tembus 50 Derajat Celsius!

Kompas.tv - 6 April 2023, 20:16 WIB
musim-kemarau-hebat-landa-thailand-indeks-panas-bangkok-hari-ini-tembus-50-derajat-celsius
Ilustrasi suhu panas. Bangkok diperkirakan akan menjadi daerah terpanas di Thailand mulai hari Kamis, dengan indeks panas mencapai 50,2 derajat Celsius, menurut Departemen Meteorologi Thailand. (Sumber: SHUTTERSTOCK)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BANGKOK, KOMPAS.TV - Bangkok diperkirakan akan menjadi daerah terpanas di Thailand mulai hari Kamis, dengan indeks panas mencapai 50,2 derajat Celsius, menurut Departemen Meteorologi Thailand seperti laporan Straits Times, Kamis (6/4/2023).

Distrik Bang Na di selatan ibu kota Thailand memimpin sebagai lima daerah terpanas yang diprediksi di negara tersebut ketika musim panas menyengat akan menyapu Thailand.

Daerah terpanas kedua adalah Laem Chabang di Chonburi dengan suhu mencapai 49,4 derajat Celsius, diikuti oleh Phuket (47,9 derajat Celsius), Si Sa Ket (41,5 derajat Celsius), dan Phetchabun (40,6 derajat Celsius).

Orang yang menghabiskan waktu di luar ruangan pada suhu antara 41 - 54 derajat Celsius berisiko mengalami kram otot dan heat stroke atau sengatan panas, kata departemen tersebut.

Departemen tersebut menggunakan klasifikasi empat tingkat untuk menilai indeks panas:

Tingkat pemantauan (hijau): 27 - 32 derajat Celsius; Tingkat peringatan (kuning): 32 - 41 derajat Celsius; Tingkat berbahaya (oranye): 41 - 54 derajat Celsius; dan Tingkat sangat berbahaya (merah): lebih dari 54 derajat Celsius.

Baca Juga: 78 Tahun Lagi, Negara Tropis Diperkirakan Kerap Hadapi Gelombang Panas ‘Mengerikan’ dan ‘Berbahaya’

Bangkok diperkirakan akan menjadi daerah terpanas di Thailand mulai hari Kamis, dengan indeks panas mencapai 50,2 derajat Celsius, menurut Departemen Meteorologi Thailand. (Sumber: Straits Times)

Departemen tersebut juga telah mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem untuk wilayah utara Thailand, dengan perkiraan badai petir terisolasi, angin kencang, dan badai es dari Kamis hingga Minggu.

Badai musim panas akan mempengaruhi warga di provinsi-provinsi bagian timur laut dan timur bawah, kata departemen tersebut.

Badai tersebut akan berkembang di wilayah utara dan tengah, termasuk Bangkok, pada akhir pekan.



Sumber : Kompas TV/Straits Times/weather.gov


BERITA LAINNYA



Close Ads x