Kompas TV internasional kompas dunia

Luar Biasa, Bus Tanpa Pengemudi Segera Beroperasi di Skotlandia

Kompas.tv - 5 April 2023, 14:58 WIB
luar-biasa-bus-tanpa-pengemudi-segera-beroperasi-di-skotlandia
Mulai 15 Mei 2023, bus tanpa pengemudi akan beroperasi di jalan-jalan di Skotlandia. (Sumber: Sky News/Stagecoach England)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

EDINBURGH, KOMPAS.TV - Jika Anda melakukan perjalanan ke Skotlandia dan memilih untuk naik bus, mungkin Anda tidak akan melihat seorang sopir di belakang kemudi. Mulai 15 Mei, lima armada bus tanpa pengemudi satu tingkat akan beroperasi di jalan-jalan di Skotlandia Timur, seperti diumumkan oleh Stagecoach, operator bus dan kereta api terbesar di Inggris Raya, dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa, seperti dilaporkan oleh Straits Times, Rabu (5/4/2023).

Layanan ini akan melintasi Forth Road Bridge yang ikonis - salah satu landmark utama Skotlandia dan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Proyek ini bernama CAVForth dan juga merupakan "layanan bus terdaftar pertama di Inggris yang menggunakan bus otonom berukuran penuh," kata pernyataan itu.

Mobil tanpa pengemudi sepenuhnya tidak diizinkan secara hukum di Inggris saat ini, menurut The Guardian. Pengemudi keselamatan diperlukan setiap saat di semua kendaraan otonom, meskipun pemerintah sedang mengerjakan kerangka hukum dan jaminan yang diperbarui, tambahnya.

Bus tanpa pengemudi di Skotlandia akan menempuh rute sepanjang 22,5 km antara Ferrytoll Park and Ride di Fife ke Edinburgh Park Transport Interchange.

Mereka akan memiliki kapasitas untuk mengangkut sekitar 10.000 penumpang per minggu, dan juga akan memiliki sensor yang memungkinkan mereka melakukan perjalanan di jalan yang dipilih sebelumnya hingga 80kmh.

Namun, bus masih akan memiliki dua staf di dalamnya. Salah satunya adalah pengemudi yang bertugas menjaga keselamatan, akan duduk di kursi pengemudi untuk memantau teknologi, dan yang lainnya disebut kapten akan membantu penumpang dengan tiket, naik ke atas bus, dan melayani pertanyaan penumpang.

Stagecoach mengatakan bahwa pelatihan pengemudi "berjalan dengan baik" dengan 20 staf menyelesaikan pelatihan menjelang peluncuran.

Baca Juga: Humza Yousaf Terpilih Menjadi Pemimpin Muslim Pertama Skotlandia

Mulai 15 Mei 2023, bus tanpa pengemudi akan beroperasi di jalan-jalan di Skotlandia. (Sumber: Planet Radio Scotland)

Menteri Transportasi Skotlandia Kevin Stewart mencatat bahwa proyek ini merupakan "tonggak sejarah yang menarik", dan berkata: "Jaringan jalan utama kami dapat menyediakan berbagai lingkungan sebagai tempat pengujian yang beragam, dan Proyek CAVForth yang inovatif dan signifikan secara global akan benar-benar membantu Skotlandia memantapkan kepercayaannya di panggung dunia."

Direktur pelaksana Stagecoach Inggris Carla Stockton-Jones mengatakan bahwa perusahaan bersemangat untuk memperkenalkan armada bus otonom pertama Inggris di Skotlandia Timur.

"Kami bangga menjadi yang terdepan dalam inovasi transportasi dengan proyek ini yang menandai tonggak penting bagi transportasi umum, dan kami berharap dapat menyambut pelanggan kami dalam beberapa bulan mendatang," ujarnya.

CAVForth adalah proyek gabungan dari Fusion Processing, Stagecoach, pembuat bus terbesar di Inggris Alexander Dennis, Transport Scotland, Edinburgh Napier University, dan Bristol Robotics Lab. Ini juga sebagian didanai oleh Pusat Kendaraan Terhubung dan Otonom Pemerintah Inggris.

Bus tanpa pengemudi bukanlah konsep baru. Pada tahun 2021, bus listrik tanpa pengemudi baru mulai beroperasi di Malaga, Spanyol, dalam sebuah proyek yang dipresentasikan sebagai yang pertama di Eropa. 

Pada 2015, Singapura mulai bereksperimen dengan kendaraan otonom di jalanan.

Sebuah bus mini otonom telah mulai mengangkut penumpang sejak Januari 2023 di sekitar Politeknik Ngee Ann dan menghubungkan stasiun MRT King Albert Park ke kampus politeknik. Ini dilakukan sebagai bagian dari kemitraan antara politeknik dan start-up kendaraan otonom lokal, MooVita.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x