Kompas TV internasional kompas dunia

China Kecam Peningkatan Anggaran Militer Jepang yang Dianggap Berbahaya bagi Stabilitas Kawasan

Kompas.tv - 16 Maret 2023, 18:58 WIB
china-kecam-peningkatan-anggaran-militer-jepang-yang-dianggap-berbahaya-bagi-stabilitas-kawasan
Tank tipe 90 milik Angkatan Darat Pasukan Bela Diri Jepang menembak target dalam latihan tahunan di Kamp Minami Eniwa di Eniwa, Pulau Hokkaido, di utara Jepang pada 7 Desember 2021. (Sumber: AP Photo/Eugene Hoshiko)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

 

BEIJING, KOMPAS.TV - Jepang telah memperkuat anggaran pertahanannya dan memainkan ancaman eksternal dalam beberapa tahun terakhir, kecenderungan untuk kembali ke jalur militerisasi ini sangat berbahaya, menurut Kementerian Pertahanan China, Kamis (16/3/2023).

Jepang harus berhenti melakukan hal-hal yang merugikan perdamaian dan stabilitas regional, kata Tan Kefei, jubir Kementerian Pertahanan China pada konferensi pers Kamis.

Jepang menyerah pada perang tahun 1947. Tetapi tahun lalu, mereka mengumumkan ekspansi militer senilai USD315 miliar selama lima tahun.

Ini bertujuan untuk mencegah Beijing menggunakan kekerasan di Laut China Timur, mengingat kekhawatiran serangan Rusia di Ukraina bisa memberi keberanian kepada China untuk menyerang Taiwan.

Baca Juga: Jepang Ajukan Anggaran Militer Hampir 11 Triliun Yen, Jadi Terbesar Ketiga di Dunia jika Disetujui

Tank-tank tipe 90 milik Angkatan Darat Pasukan Bela Diri Jepang melakukan manuver dalam latihan tahunan di Kamp Minami Eniwa di Eniwa, Pulau Hokkaido, di utara Jepang pada 7 Desember 2021. (Sumber: AP Photo/Eugene Hoshiko)

 

Bulan lalu, Jepang mengatakan mereka curiga balon pengawasan China telah memasuki wilayah Jepang setidaknya tiga kali sejak 2019.

"Kami mendesak pihak Jepang untuk belajar dari pelajaran sejarah dengan serius, bersikap hati-hati dalam kata-kata dan tindakan dalam hal keamanan militer," kata Tan kepada wartawan.

Sementara itu, China berencana meningkatkan belanja pertahanannya sebesar 7,2 persen tahun ini, melampaui peningkatan tahun lalu dan lebih cepat dari target pertumbuhan ekonomi pemerintah.

Tetangga China, termasuk Jepang, serta Amerika Serikat, khawatir akan tujuan strategis Beijing dan pengembangan militer mereka, terutama karena ketegangan meningkat dalam beberapa tahun terakhir terkait Taiwan.

Beijing mengatakan pengeluaran militer mereka untuk tujuan defensif merupakan persentase kecil dari hasil ekonominya dan para kritikus ingin menggambarkan mereka sebagai ancaman bagi perdamaian dunia.

"Yang perlu ditekankan adalah bahwa pengeluaran pertahanan China yang terbatas sepenuhnya untuk menjaga kedaulatan nasional, keamanan, dan kepentingan pembangunan, dan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas dunia dan regional," kata Tan.


 



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x