Kompas TV internasional kompas dunia

Kesepakatan Arab Saudi - Iran Bikin AS dan China kini Rebutan Pengaruh di Timur Tengah

Kompas.tv - 16 Maret 2023, 17:54 WIB
kesepakatan-arab-saudi-iran-bikin-as-dan-china-kini-rebutan-pengaruh-di-timur-tengah
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman dan Presiden China Xi Jinping tahun 2016. Presiden China Xi Jinping tiba di Arab Saudi, Rabu, (7/12/2022), dalam kunjungan yang kata Bejing adalah inisiatif diplomatik terbesarnya di dunia Arab. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Pada hitungan hari ini, Arab Saudi melakukan perjanjian besar dengan dua kekuatan dunia utama, China dan Amerika Serikat. Kesepakatan yang difasilitasi China ini bertujuan memulihkan hubungan diplomatik Saudi dengan Iran dan mengumumkan kontrak pembelian pesawat komersial dari Amerika Serikat. Kedua pengumuman tersebut memicu spekulasi bahwa Saudi menempatkan diri mereka sebagai kekuatan ekonomi dan geopolitik yang dominan dengan fleksibilitas untuk mempermainkan Beijing dan Washington satu sama lain.

Arab Saudi juga dipandang Barat menempatkan China dalam peran utama yang asing dalam politik Timur Tengah. Mereka mengajukan pertanyaan tentang apakah hubungan AS-Saudi, yang membeku selama dua tahun pertama masa jabatan Presiden Joe Biden, kini telah mencapai détente.

Tetapi saat pemerintahan Biden mempertimbangkan kondisi saat ini, para pejabat AS menolak anggapan bahwa perkembangan tersebut merupakan pergeseran dalam dinamika persaingan AS-China di Timur Tengah.

Gedung Putih mencemooh gagasan bahwa kesepakatan pesawat besar menandakan perubahan signifikan dalam status hubungan pemerintah dengan Riyadh setelah kritik keras Biden di awal masa kepresidenannya terhadap catatan hak asasi manusia Saudi dan langkah kartel minyak OPEC+ yang dipimpin Saudi untuk memangkas produksi tahun lalu.

"Kami di sini selalu berupaya memastikan bahwa kemitraan strategis ini benar-benar dengan segala cara mendukung kepentingan keamanan nasional kami di kawasan itu dan di seluruh dunia," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby tentang AS- hubungan Saudi. Dia berbicara setelah Boeing mengumumkan minggu ini bahwa Saudi akan membeli hingga 121 pesawat.

Tetapi keterlibatan China dalam memfasilitasi dimulainya kembali hubungan diplomatik Iran-Saudi dan kontrak utama Boeing menambah putaran baru pada hubungan roller-coaster Biden dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Baca Juga: China, Rusia, dan Iran Latihan Militer Bersama di Teluk Oman, Amerika Serikat Mengaku Tak Khawatir

Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Presiden China Xi Jinping. Iran dan Arab Saudi hari Jumat, (10/3/2023) setuju memulihkan hubungan diplomatik dan membuka kembali kedutaan besar setelah tujuh tahun ketegangan antara kedua negara. (Sumber: AP Photo)

Saat masih menjadi kandidat untuk Gedung Putih, Biden bersumpah penguasa Saudi akan membayar "harga"  atas pembunuhan jurnalis yang berbasis di AS Jamal Khashoggi tahun 2018, seorang pengkritik kepemimpinan Arab Saudi. Baru-baru ini, setelah OPEC+ mengumumkan pemangkasan produksi bulan Oktober, Biden menjanjikan "konsekuensi" untuk langkah yang menurut AS membantu Rusia.

Sekarang, Washington dan Riyadh tampaknya berniat untuk bergerak maju, dan pada saat China setidaknya mencoba-coba diplomasi Timur Tengah yang lebih tegas.

Pejabat Saudi terus memberi tahu AS tentang status pembicaraan antara Iran dan Arab Saudi tentang memulai kembali hubungan diplomatik sejak dimulai hampir dua tahun lalu, menurut Gedung Putih.

Kemajuan signifikan dibuat selama beberapa putaran pembicaraan sebelumnya yang diselenggarakan oleh Irak dan Oman, jauh sebelum kesepakatan itu diumumkan di China pekan lalu selama Kongres Rakyat Nasional seremonial negara itu.

Tidak seperti China, AS tidak punya hubungan diplomatik dengan Iran dan bukan merupakan pihak dalam pembicaraan tersebut.

Hubungan Iran-Saudi secara historis penuh dan dibayangi oleh perpecahan sektarian dan persaingan sengit di wilayah tersebut. Hubungan diplomatik terputus tahun 2016 setelah Arab Saudi mengeksekusi ulama terkemuka Syiah Nimr al-Nimr.

Para pengunjuk rasa di Teheran menyerbu Kedutaan Besar Saudi dan pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, bersumpah "balas dendam ilahi" atas eksekusi al-Nimr.

Baca Juga: China Turun Gunung, Xi Jinping akan ke Moskow Minggu Depan Bertemu Putin dan Menelepon Zelenskyy

Iran dan Arab Saudi hari Jumat, (10/3/2023) setuju memulihkan hubungan diplomatik dan membuka kembali kedutaan besar setelah tujuh tahun ketegangan antara kedua negara. (Sumber: AP Photo/Nournews)

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan awal pekan ini mengatakan China "mendayung ke arah yang sama" dengan pekerjaannya memadamkan ketegangan antara negara-negara Teluk Arab yang telah berperang di Yaman, Suriah, Lebanon, dan Irak selama bertahun-tahun.

“Ini adalah sesuatu yang menurut kami positif sejauh mempromosikan apa yang telah dipromosikan Amerika Serikat di kawasan ini, yaitu de-eskalasi, pengurangan ketegangan,” kata Sullivan.

Namun secara pribadi para pejabat Gedung Putih skeptis tentang kemampuan dan keinginan China untuk memainkan peran dalam menyelesaikan beberapa krisis paling sulit di kawasan itu, termasuk perang proksi yang panjang dan menghancurkan di Yaman.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x