Kompas TV internasional kompas dunia

Vanuatu Dihajar Angin Topan dan Gempa Besar Dua Hari Berturut-turut

Kompas.tv - 4 Maret 2023, 02:35 WIB
vanuatu-dihajar-angin-topan-dan-gempa-besar-dua-hari-berturut-turut
Seorang pria menggunakan gergaji mesin untuk memotong pohon yang tumbang di Port Vila, Vanuatu, Rabu, 1 Maret 2023. Warga Vanuatu berlindung saat siklon menghantam negara kepulauan di Pasifik itu. (Sumber: Matt Hardwick/Australian Broadcasting Corp. via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

 

PORT VILA, KOMPAS.TV – Negara kepulauan Pasifik, Vanuatu, dalam keadaan darurat, Jumat (3/3/2023), setelah dua gempa bumi dan dua angin topan siklon terjadi dalam dua hari berturut-turut.

The Straits Times, Jumat, melaporkan, saat negara tersebut membersihkan jalan-jalan dan memulihkan saluran listrik yang terputus setelah Siklon Judy menghantam, penduduk dikejutkan oleh dua gempa bumi pada Jumat pagi.

Warga pun langsung diminta berlindung karena akan ada badai kedua yang datang, yaitu Siklon Kevin.

“Ini gila, Vanuatu biasa menghadapi bencana alam, tapi saya pikir ini pertama kalinya menghadapi dua siklon yang datang berturut-turut,” kata Eric Durpaire dari Unicef, seperti dikutip The Straits Times.

Otoritas Vanuatu melaporkan tidak ada korban akibat Siklon Judy yang merobek atap rumah, membanjiri jalan dan menumbangkan banyak pohon.

Menurut polisi, ratusan orang tetap berada di pusat evakuasi darurat di ibu kota, Port Vila.

Beberapa bagian ibu kota sudah tanpa listrik selama dua hari.

Tidak ada korban dilaporkan setelah gempa berkekuatan 6,5 dan 5,4 pada Jumat. Namun, situasi di pulau-pulau terluar masih belum jelas.

“Warga di (Espiritu) Santo merasakan gempa bumi, tetapi tidak bisa keluar untuk menilai kerusakan karena angin kencang,” kata Sekretaris Jenderal Vanuatu Red Cross Society Dickinson Tevi.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x