Kompas TV internasional kompas dunia

Hari Pendidikan Internasional: Sejarah, Tujuan, dan Link Twibbon

Kompas.tv - 24 Januari 2023, 05:57 WIB
hari-pendidikan-internasional-sejarah-tujuan-dan-link-twibbon
Remaja perempuan Afghanistan menghadiri kelas di sekolah bawah tanah, di Kabul, Afghanistan, Kamis, 28 Juli 2022. Bagi sebagian besar gadis remaja di Afghanistan, sudah setahun sejak mereka menginjakkan kaki di ruang kelas. (Sumber: AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Pendidikan Internasional diperingati setiap tahun pada tanggal 24 Januari.

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendeklarasikan Hari Pendidikan Internasional pada Desember 2018. Tujuannya, untuk merayakan dan merefleksikan pentingnya pendidikan demi pembangunan dan perdamaian.

Tema Hari Pendidikan Internasional tahun 2023 ini adalah 'To Invest in People, Prioritize Education' atau 'Berinvestasi pada Manusia, Memprioritaskan Pendidikan'. Tema tersebut dihasilkan dari KTT Pendidikan Transformasi PBB pada September 2022.

Di sisi lain, Hari Pendidikan Internasional tahun 2023 ini didedikasikan untuk perempuan di Afghanistan yang dicabut haknya untuk berpendidikan.

Saat ini, masih terjadi ketimpangan kualitas pendidikan untuk anak-anak di seluruh dunia. Jutaan anak bahkan masih kehilangan hak asasi manusia yang mendasar ini. 

Menurut data United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) setidaknya ada lebih dari 250 juta anak tidak bersekolah. Kondisi ini umumnya ditemukan pada masyarakat yang terpinggirkan, misalnya orang-orang yang tinggal di daerah dengan ketimpangan tinggi dan negara-negara terbelakang.

Baca Juga: Tema dan Link Twibbon Hari Guru Nasional, Yuk Rayakan Bersama Teman-temanmu!

Hari Pendidikan Internasional dibuat untuk mengampanyekan reformasi pendidikan yang lebih baik serta meningkatkan akses ke pendidikan untuk semua orang.

Konvensi Hak Anak tahun 1989 menyatakan, semua negara wajib membuat pendidikan tinggi yang dapat diakses semua orang.

Tujuan Hari Pendidikan Internasional ialah untuk mengevaluasi ulang pendidikan dalam kehidupan, memastikan anak-anak mendapatkan pendidikan dasar dan menengah, meningkatkan keterlibatan pemuda dalam pendidikan, serta membekali anak-anak dengan pendidikan yang dibutuhkan untuk masa depan yang lebih baik

Link Twibbon Hari Pendidikan Internasional 

Untuk turut mengampanyekan peringatan Hari Pendidikan Internasional, Anda dapat membuat twibbon dan membagikannya melalui media sosial. Berikut ini beberapa link untuk membuat twibbon Hari Pendidikan Internasional:

Baca Juga: Dewan Keamanan PBB Secara Bulat Kecam Taliban yang Melarang Perempuan Bekerja dan Dapat Pendidikan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x