Kompas TV internasional kompas dunia

Peringatan Bank Dunia: Perekonomian Dunia 2023 Berisiko Resesi, Proyeksi Pertumbuhan Dunia 1,7%

Kompas.tv - 10 Januari 2023, 22:27 WIB
peringatan-bank-dunia-perekonomian-dunia-2023-berisiko-resesi-proyeksi-pertumbuhan-dunia-1-7
Presiden Bank Dunia David Malpass. Bank Dunia dalam laporan tahunannya hari Selasa, (10/1/2023) memberi peringatan bahwa ekonomi dunia 2023 akan sangat dekat dengan resesi tahun , dipimpin oleh pertumbuhan yang lebih lemah di semua ekonomi utama dunia, Amerika Serikat, Eropa dan China (Sumber: Bloomberg)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Bank Dunia dalam laporan tahunannya yang terbit hari Selasa, (10/1/2023) memberi peringatan bahwa ekonomi dunia akan "sangat dekat" dengan resesi tahun 2023, dipimpin oleh pertumbuhan yang lebih lemah di semua ekonomi utama dunia, Amerika Serikat, Eropa dan China seperti dilansir Associated Press.

Dalam laporan tahunannya, Bank Dunia, yang meminjamkan uang ke negara-negara miskin untuk proyek-proyek pembangunan, mengatakan telah memangkas perkiraan pertumbuhan dunia tahun ini hampir setengahnya, menjadi hanya 1,7%, dari proyeksi sebelumnya sebesar 3%.

Jika ramalan itu terbukti akurat, itu akan menjadi ekspansi tahunan terlemah ketiga dalam tiga dekade, setelah resesi mendalam akibat krisis keuangan dunia 2008 dan pandemi pada 2020.

Meskipun Amerika Serikat mungkin terhindar dari resesi tahun ini, dimana Bank Dunia memperkirakan ekonomi AS akan menambah pertumbuhan sebesar 0,5%, kelemahan dunia kemungkinan akan menimbulkan tantangan lain bagi bisnis dan konsumen Amerika, di atas harga yang tinggi dan suku bunga pinjaman yang lebih mahal.

Amerika Serikat juga tetap rentan terhadap gangguan rantai pasokan lebih lanjut jika Covid-19 terus melonjak atau perang di Ukraina memburuk.

Eropa yang lama menjadi pengekspor utama ke China, kemungkinan akan menderita akibat ekonomi China yang melemah.

Baca Juga: Proyeksi Suram Bank Dunia: Pada 2022, Banyak Negara Terancam Resesi, Krisis Pangan, dan Stagflasi

Bank Dunia dalam laporan tahunannya hari Selasa, (10/1/2023) memberi peringatan bahwa ekonomi dunia akan sangat dekat dengan resesi tahun 2023 (Sumber: Bloomberg/World Bank Global Economic Prospects Report)

Laporan Bank Dunia juga mencatat bahwa kenaikan suku bunga di ekonomi maju seperti Amerika Serikat dan Eropa akan menghisap modal investasi dari negara-negara miskin, sehingga merampas investasi domestik penting mereka.

Pada saat yang sama, kata laporan itu, suku bunga yang tinggi itu akan memperlambat pertumbuhan di negara-negara maju pada saat serangan Rusia ke Ukraina membuat harga pangan dunia tetap tinggi.

Dampak dari penurunan global akan sangat terasa pada negara-negara miskin di kawasan seperti Sahara Afrika, di mana Bank Dunia memperkirakan pendapatan per kapita hanya akan tumbuh 1,2% tahun 2023 dan 2024. Pertumbuhan yang begitu lambat sehingga tingkat kemiskinan dapat meningkat.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x