Kompas TV internasional kompas dunia

Proyeksi Suram Bank Dunia: Pada 2022, Banyak Negara Terancam Resesi, Krisis Pangan, dan Stagflasi

Kompas.tv - 8 Juni 2022, 20:45 WIB
proyeksi-suram-bank-dunia-pada-2022-banyak-negara-terancam-resesi-krisis-pangan-dan-stagflasi
Ilustrasi. Seorang demonstran Sri Lanka kesakitan akibat gas air mata dalam demonstrasi rusuh di Kolombo, 19 Mei 2022. Demonstrasi besar-besaran di Sri Lanka tahun ini disebabkan krisis ekonomi. Dalam laporan Bank Dunia pada Juni 2022, pertumbuhan ekonomi global dibayang-bayangi risiko krisis pangan dan stagflasi pada tahun ini. (Sumber: Eranga Jayawardena/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Bank Dunia mengubah prediksi ekonomi globalnya secara cukup drastis akibat sejumlah hal yang terjadi sepanjang 2022. Perang Rusia-Ukraina, ancaman krisis pangan, serta risiko stagflasi membuat pertumbuhan ekonomi global diperkirakan berlangsung suram.

Stagflasi sendiri adalah istilah yang merujuk kondisi stagnasi ekonomi, salah satunya ditandai tingkat pengangguran relatif tinggi, yang ditambah tingginya tingkat inflasi. Fenomena ini belum pernah terjadi selama empat dekade belakangan.

Bank Dunia memperkirakan bahwa ekonomi dunia akan bertumbuh 2,9 persen pada tahun ini. Perkiraan itu anjlok dari tingkat pertumbuhan global sebanyak 5,7 persen pada 2021. 

Pada awal Januari lalu, perkiraan Bank Dunia pun sedikit lebih optimistis, yakni 4,1 persen.

“Bagi banyak negara, resesi akan sulit dihindari,” kata Presiden Bank Dunia David Malpass dikutip Associated Press, Selasa (7/6/2022).

Baca Juga: Bank Dunia Kucurkan 600 Juta Dollar AS Bantuan Keuangan ke Sri Lanka untuk Impor Penting

Untuk Indonesia, Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,1 persen pada 2022. Sebagaimana diwartakan Kontan, angka itu turun 0,1 persen poin dibanding perkiraan sebelumnya.

Negara-negara ekonomi berkembang dan emerging market, secara kolektif, diproyeksikan mencatat pertumbuhan 3,4 persen pada 2022, menurun dari 6,6 persen pada 2021.

Sementara itu, proyeksi pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) dipangkas lebih tajam dibanding versi Januari lalu, yakni berkurang 1,2 persen poin. Bank Dunia memperkirakan ekonomi AS akan bertumbuh 2,5 persen pada 2022, berkurang dari 5,7 persen pada 2021.

Di lain pihak, ekonomi terbesar kedua di dunia, China, diproyeksikan menorehkan pertumbuhan ekonomi lebih positif, yakni sebesar 4,3 persen. Namun, angka itu turun tajam dibanding proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun lalu yang mencapai 8,1 persen.

Salah satu peristiwa yang memicu prediksi suram Bank Dunia adalah perang Rusia-Ukraina yang masih berkecamuk. Invasi Rusia menyebabkan disrupsi perdagangan energi dan gandum di pasar global, mengirim pukulan bagi ekonomi dunia yang tengah bangkit dari pandemi Covid-19.

Sebagai buntut perang Rusia-Ukraina, harga-harga komoditas yang sudah tinggi, meroket lebih tinggi lagi. Fenomena ini mengancam keamanan pangan di negara-negara miskin.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x