Kompas TV internasional kompas dunia

Spanyol Wajibkan Pelancong dari China Negatif Covid-19 dan Sudah Vaksinasi Penuh, Uni Eropa Waspada

Kompas.tv - 31 Desember 2022, 05:05 WIB
spanyol-wajibkan-pelancong-dari-china-negatif-covid-19-dan-sudah-vaksinasi-penuh-uni-eropa-waspada
Pelancong dari China ke Spanyol akan diminta menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 atau membuktikan sudah divaksinasi penuh, sementara kepala kesehatan Uni Eropa mengatakan mereka harus sangat waspada melakukan pengurutan genome dari virus Corona yang sekarang merebak di China.  (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MADRID, KOMPAS.TV - Pelancong dari China ke Spanyol akan diminta menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 atau membuktikan sudah divaksinasi penuh, kata pejabat tinggi kesehatan Spanyol, Jumat (30/12/2022). Sementara, kepala kesehatan Uni Eropa menyatakan mereka harus sangat waspada melakukan pengurutan genom dari virus Corona yang sekarang merebak di China. 

Awal bulan ini, China mulai membongkar kebijakan penguncian Covid-19 paling ketat di dunia dan pengujian ekstensif dalam perubahan kebijakan yang tiba-tiba. China juga mencabut sebagian besar pembatasan perjalanannya minggu ini.

“Di tingkat nasional, kami akan menerapkan kontrol bandara yang mewajibkan semua penumpang yang datang dari China menunjukkan hasil tes Covid-19 negatif atau bukti vaksinasi lengkap,” kata Menteri Kesehatan Spanyol Carolina Darias kepada wartawan.

Langkah baru itu muncul setelah Komite Keamanan Kesehatan Uni Eropa bertemu pada Kamis (29/12) untuk membahas strategi bersama blok tersebut untuk mengurangi penyebaran virus dengan masuknya pengunjung dari China.

Darias menambahkan, Spanyol akan berkoordinasi pada tingkat tinggi dengan negara anggota lainnya untuk mengadopsi kebijakan bersama, sambil mendorong revisi kondisi saat ini yang perlu dipenuhi oleh para pelancong yang ingin mendapatkan apa yang disebut Sertifikat Covid Digital Uni Eropa.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di China Melonjak, Obat Flu dan Pilek di Jepang, Singapura, Hong Kong Langka Diborong

Pelancong dari China ke Spanyol akan diminta menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 atau membuktikan sudah divaksinasi penuh, sementara kepala kesehatan Uni Eropa mengatakan mereka harus sangat waspada melakukan pengurutan genome dari virus Corona yang sekarang merebak di China. (Sumber: EPA-EFE)

Negara-negara seperti Italia, Korea Selatan, Amerika Serikat (AS), India, dan Jepang juga telah memberlakukan pengujian wajib bagi pengunjung dari China.

Pada Jumat (30/12), media pemerintah China bereaksi dengan menyatakan, persyaratan pengujian yang diberlakukan di seluruh dunia sebagai tanggapan atas gelombang infeksi yang melonjak adalah "diskriminatif".

Di Brussel, kepala kesehatan Uni Eropa (UE) Stella Kyriakides menyatakan blok tersebut harus mempertimbangkan untuk segera meningkatkan pengurutan genom infeksi Covid-19 dan pemantauan air limbah, termasuk dari bandara, untuk mendeteksi setiap varian baru, mengingat lonjakan virus di China.

Dalam sepucuk surat kepada menteri kesehatan dari 27 anggota UE, Stella Kyriakides mengatakan blok itu harus "sangat waspada".

China mencabut pembatasan perjalanan pada 8 Januari dan data epidemiologi dan pengujian yang dapat diandalkan untuk China cukup langka.

Baca Juga: Malaysia Perketat Pemeriksaan Gejala Covid-19 di Bandara dan Uji Air Limbah Pesawat dari China

Pelancong dari China ke Spanyol akan diminta menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 atau membuktikan sudah divaksinasi penuh, sementara kepala kesehatan Uni Eropa mengatakan mereka harus sangat waspada melakukan pengurutan genome dari virus Corona yang sekarang merebak di China. (Sumber: AP Photo)


Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x