Kompas TV internasional kompas dunia

Panti Jompo di Rusia Kebakaran, 20 Orang Tewas, Perapian Diduga Jadi Penyebab

Kompas.tv - 24 Desember 2022, 18:05 WIB
panti-jompo-di-rusia-kebakaran-20-orang-tewas-perapian-diduga-jadi-penyebab
Dalam foto yang dirilis Dinas Pers Kementerian Kedaruratan Rusia, petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api di sebuah rumah perawatan warga lansia di Kemerovo, Siberia, Rusia, Sabtu, 24 Desember 2022. Kementerian tersebut, Sabtu, mengatakan 20 orang tewas dalam kebakaran tersebut. (Sumber: Dinas Pers Kementerian Kedaruratan Rusia via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Sebuah panti jompo di Oblast (daerah setingkat provinsi) Kemerovo, kawasan Siberia, Rusia terbakar pada Sabtu (24/12/2022). Hingga berita ini diturunkan, pihak berwenang menyebut, setidaknya 20 orang tewas akibat insiden ini.

"Di lokasi kebakaran, petugas terus bekerja di reruntuhan dalam kondisi temperatur rendah. Menurut data terkini, 20 orang tewas," demikian pernyataan badan kedaruratan Rusia dikutip TASS.

Baca Juga: Penampakan Ribuan Bangkai Roket di Kuburan Rudal Kharkiv, akan Dijadikan Bukti untuk Tuntut Rusia

Sebelumnya dilaporkan, sedikitnya 13 orang tewas akibat kebakaran panti jompo ini. Namun, otoritas terkait kemudian memperbarui jumlahnya menjadi 20 orang.

Otoritas Rusia pun segera membuka penyelidikan mengenai kelalaian yang menyebabkan kematian usai insiden kebakaran ini.

Selain itu, Gubernur Kemerovo Sergey Tsivilev mengaku pihaknya akan menggelar inspeksi terhadap panti jompo serupa di wilayahnya, khususnya panti jompo yang dikelola swasta.

"Kami akan menginspeksi semua institusi jenis ini, utamanya yang swasta. Inspeksi akan dirampungkan dalam kurun sepekan," tulis Tsivilev di kanal Telegram-nya.

Penyebab kebakaran panti jompo swasta di Kemerovo, Siberia ini belum diketahui. Media-media lokal menyinggung fakta bahwa bangunan panti jompo itu dihangatkan dengan perapian.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui berapa orang yang tinggal di panti jompo itu, atau berapa orang yang berada di sana saat api mulai melalap bangunan.

Otoritas terkait menyebut panti jompo yang mengalami kebakaran ini tak berizin. Gedung panti jompo itu adalah sebuah bangunan dua lantai dari kayu.

Baca Juga: Korban Tewas Kebakaran Terowongan Afghanistan Melonjak Jadi 31 Orang


 

 



Sumber : Kompas TV/TASS


BERITA LAINNYA



Close Ads x