Kompas TV internasional kompas dunia

Hebat! Bahasa Indonesia Jadi Mata Kuliah Wajib di Universitas Sofia Bulgaria

Kompas.tv - 22 Desember 2022, 22:19 WIB
hebat-bahasa-indonesia-jadi-mata-kuliah-wajib-di-universitas-sofia-bulgaria
Dubes RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara Iwan Bogananta melakukan kunjungan singkat ke kelas Bahasa Indonesia yang sedang berlangsung di bawah ajaran Thomas Bea, tenaga pengajar yang ditugaskan oleh BIPA Kemendikbud melalui KBRI Sofia untuk mengajar di Universitas Sofia, Senin (19/12/2022). (Sumber: Humas KBRI Sofia)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

SOFIA, KOMPAS.TV - Bahasa Indonesia kini menjadi mata kuliah wajib di Universitas Sofia Bulgaria. Selama sepuluh tahun, kelas Bahasa Indonesia telah menjadi mata kuliah pilihan mahasiswa yang mengambil jurusan South, East and Southeast Studies. 

Hal ini merupakan upaya yang dilakukan KBRI Sofia dan Kemendikbud Ristek serta tim dari Universitas Sofia. 

Dubes RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara Iwan Bogananta menjelaskan, untuk menindaklanjuti peningkatan status kelas Bahasa Indonesia tersebut, pihaknya bertemu dengan Ketua Jurusan South, East and Southeast Studies, Profesor Galina Sokolova dan Profesor Reina Beneva, di Universitas Sofia, Senin (19/12/2022).   

Diskusi yang berlangsung produktif ini membicarakan keberlanjutan program, serta upaya bersama yang dapat dilakukan untuk memastikan kesuksesan pelaksanaan mata kuliah wajib mengenai Indonesia. 

Baca Juga: Manfaatkan Momen Piala Dunia 2022, KBRI Doha Promosi Budaya Indonesia

Profesor Sokolova menyampaikan, selama ini kelas Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah pilihan selalu mendapatkan tanggapan dan ulasan positif dari para mahasiswa. 

Profesor Galina juga berterima kasih kepada Dubes Iwan bersama tim KBRI yang selama ini telah gigih mempromosikan bahasa, budaya dan sejarah Indonesia di Universitas Sofia.

Pencapaian ini juga merupakan hasil dedikasi, kerja keras serta metode pengajaran inovatif dari para pengajar Bahasa Indonesia sebagai hasil kerja sama KBRI Sofia dan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Kemendikbud Ristek. 

Akhirnya Universitas Sofia memutuskan membuat modul kuliah wajib mengenai Indonesia kepada mahasiswa jurusan South, East and Southeast Studies tahun ketiga. 

Baca Juga: Intip Kemeriahan Peringatan HUT ke-77 RI oleh Masyarakat Indonesia di Madagaskar dan Bulgaria

Dalam modul wajib tersebut, mahasiswa tidak hanya belajar mengenai Bahasa Indonesia, namun juga sejarah, masyarakat sosial, hingga model ekonomi di Indonesia. 

Dubes Iwan mengatakan modul wajib mengenai Indonesia di Universitas Sofia dan tingginya minat mahasiswa Bulgaria untuk belajar Bahasa Indonesia merupakan capaian diplomasi Indonesia di Bulgaria. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.