Kompas TV internasional kompas dunia

Intip Kemeriahan Peringatan HUT ke-77 RI oleh Masyarakat Indonesia di Madagaskar dan Bulgaria

Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:55 WIB
intip-kemeriahan-peringatan-hut-ke-77-ri-oleh-masyarakat-indonesia-di-madagaskar-dan-bulgaria
Upacara HUT ke-77 RI di Wisma Indonesia Ivato, Antananarivo, Madagaskar. (Sumber: istimewa)

Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gema perayaan hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI), tidak hanya terasa di dalam negeri, namun juga sangat terasa di luar negeri, seperti di Madagaskar dan Bulgaria.

Di Madagaskar, diaspora Indonesia bersama keluarga besar KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) Antananarivo menggelar upacara peringatan detik-detik proklamasi pada tanggal 17 Agustus 2022 di Wisma Indonesia Ivato.

Dalam siaran pers yang diterima KOMPAS.TV, Kamis (18/8) dijelaskan, upacara yang digelar KBRI Antananarivo ini dipimpin Kepala Perwakilan RI-Antananarivo (Keppri), Benny Yan Pieter Siahaan, dan turut dihadiri oleh Konsul Kehormatan RI di Tamatave, Marco Raharitiana.  

Meski berlangsung sederhana, upacara berjalan dengan khidmat dan lancar.

Tak hanya upacara bendera, perayaan kemerdekaan di Antananarivo ini juga diramaikan dengan acara pemotongan tumpeng sebagai ucapan syukur atas kemerdekaan RI.

Perayaan juga diisi dengan pembagian hadiah kepada para juara lomba HUT ke-77 RI yang diselenggarakan oleh KBRI Antananarivo beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Peringati Kemerdekaan RI ke-77 di Mauritius, Solidaritas Kebangsaan dari Tengah Samudra Hindia

3 Mahasiswa Indonesia di Albania Kibarkan Bendera Merah Putih di Bulgaria

Upacara HUT ke-77 RI di KBRI Sofia, Bulgaria. (Sumber: istimewa)

Sama halnya di Madagaskar, Upacara Peringatan Hari Proklamasi Ke – 77 RI, juga digelar di Bulgaria tepatnya di KBRI Sofia pada Rabu (17/8) kemarin.

Tiga mahasiswa yakni Abdul Mutalib Pakaya, Aulia Al Adawiyah dan Anpas Tohir Maulana dipercaya untuk mengibarkan bendera merah putih dalam upacara tersebut. 

Untuk diketahui, ketiga mahasiswa tersebut tengah menempuh ilmu di Universitas Beder, Republik Albania, jurusan Bahasa Inggris, melalui program beasiswa.

Sementara itu, mahasiswa Teologi Islam, Lalu Rahman Bani Suyada bertugas sebagai pembaca doa dalam Upacara tersebut.

Adapun upacara dipimpin langsung oleh Duta Besar RI di Sofia yang merangkap Republik Albania dan Republik Makedonia Utara, Iwan Bogananta.

Dalam kesempatan itu, Iwan menyampaikan berbagai penghargaan kepada pihak-pihak yang telah berperan penting dalam meningkatkan hubungan bilateral RI – Bulgaria yakni dalam kategori ekonomi perdagangan, gastrodiplomacy, pengajaran Bahasa Indonesia maupun promosi seni budaya Indonesia di Bulgaria.

Upacara tersebut dihadiri oleh masyakarat Indonesia di Sofia, Konsul-konsul Kehormatan RI di Bulgaria dan di Albania, para pengusaha dan Friends of Indonesia, serta mantan Duta Besar Republik Bulgaria untuk Indonesia Mr. Sergey Michev.

Baca Juga: Cara Unik Rayakan HUT ke-77 RI Hingga Warga Cianjur Nabung 15 Tahun untuk Beli Bendera 222 Meter!



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x