Kompas TV internasional kompas dunia

Siaga Serbuan Jet Tempur China, Taiwan Pantau Pergerakan lewat Sistem Rudal

Kompas.tv - 22 Desember 2022, 14:41 WIB
siaga-serbuan-jet-tempur-china-taiwan-pantau-pergerakan-lewat-sistem-rudal
Jet tempur F-16. Militer Taiwan mengungkapkan jumlah dan tipe jet tempur China yang berupaya menerabas masuk wilayah pertahanan udara Taiwan, ternyata jumlahnya bikin ngeri. (Sumber: Kementerian Pertahanan Korea Selatan via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

TAIPEI, KOMPAS.TV — Militer Taiwan mengungkapkan jumlah dan tipe jet tempur China yang berupaya menerabas masuk wilayah pertahanan udara Taiwan, ternyata jumlahnya bikin ngeri.

Seperti laporan Associated Press, Kamis, (22/12/2022), China mengirim 39 jet tempur dan tiga kapal ke Taiwan dalam tampilan kekuatan selama 24 jam yang diarahkan ke pulau itu, kata kementerian pertahanan Taiwan Kamis, (22/12/2022).

Antara pukul 06.00 hari Rabu hingga 06.00 Kamis, (22/12/2022), sebanyak 30 pesawat militer China melintasi median Selat Taiwan, batas tidak resmi yang pernah diterima secara diam-diam oleh kedua belah pihak, menurut Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan.

Pesawat-pesawat itu terbang ke barat daya pulau itu dan kemudian secara horizontal sampai ke sisi tenggara sebelum kembali, menurut diagram pola penerbangan yang disediakan oleh Taiwan. Di antara pesawat tersebut terdapat 21 jet tempur J-16, 4 pembom H-6 dan dua pesawat peringatan dini.

Taiwan mengatakan pihaknya memantau gerakan China melalui sistem rudal darat ke udaranya, serta melalui kapal angkatan lautnya sendiri.


 

Pelecehan militer China terhadap Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, yang diklaimnya sebagai wilayahnya sendiri, telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dan Tentara Pembebasan Rakyat Partai Komunis telah mengirim pesawat atau kapal ke pulau itu hampir setiap hari.

Militer China mengadakan latihan militer besar-besaran pada bulan Agustus sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan. Beijing memandang kunjungan pemerintah asing ke pulau itu sebagai pengakuan de facto pulau itu sebagai pulau merdeka dan tantangan terhadap klaim kedaulatan China.

Baca Juga: China Intimidasi Taiwan Lagi! Terbangkan 36 Jet Tempur dan Pengebom di Dekat Pulau

Unit jet tempur J-16 China. Militer Taiwan mengungkapkan jumlah dan tipe jet tempur China yang berupaya menerabas masuk wilayah pertahanan udara Taiwan, ternyata jumlahnya bikin ngeri. (Sumber: Kementerian Pertahanan Taiwan via Associated Press)

Taiwan langsung mengerahkan jet tempur untuk memperingatkan 39 pesawat China yang memasuki zona pertahanan udara tenggaranya, kata kementerian pertahanan pulau itu, Kamis, (22/12/2022).

Taiwan mengeluhkan misi berulang kali oleh angkatan udara China selama dua tahun terakhir, seringkali di wilayah selatan zona identifikasi pertahanan udaranya, atau ADIZ.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x