Kompas TV internasional kompas dunia

Fusi Nuklir Akhirnya Terwujud Jadi Sumber Energi Baru, tetapi Masih Lama Agar Layak Digunakan Publik

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 06:20 WIB
fusi-nuklir-akhirnya-terwujud-jadi-sumber-energi-baru-tetapi-masih-lama-agar-layak-digunakan-publik
Setelah lebih dari 50 tahun, fusi nuklir akhirnya muncul spektakuler untuk menjadi sumber energi terbaru di dunia, nanun untuk penggunaan massal masih jauh. (Sumber: Lawrence Livermore Laboratory)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LIVERMORE, KOMPAS.TV - Setelah lebih dari 50 tahun, fusi nuklir atau nuclear fusion akhirnya muncul secara spektakuler untuk menjadi sumber energi terbaru di dunia, namun penggunaan massal masih membutuhkan waktu yang jauh lebih lama.

Departemen Energi Amerika Serikat, Selasa (13/12/2022), mengumumkan para ilmuwan di sebuah laboratorium di California untuk pertama kalinya berhasil menghasilkan lebih banyak listrik dari reaksi fusi daripada yang mereka butuhkan untuk memicunya.

Terobosan bersejarah ini memunculkan prospek bahwa suatu hari nanti, mungkin beberapa dekade dari sekarang, perekonomian global akan dijalankan dengan listrik bebas karbon yang dihasilkan oleh proses yang menggerakkan matahari dan bintang-bintang.

"Terobosan fusi akan dicatat dalam sejarah," kata Menteri Energi AS Jennifer Granholm saat konferensi pers. “Inilah tampilan Amerika Serikat untuk memimpin.”

Ini adalah momen yang menakjubkan untuk sebuah teknologi yang hampir setengah abad dianggap gagal, dan ini terjadi ketika para pemimpin dari 10 ekonomi terbesar dunia dan lusinan negara kecil berjanji untuk beralih ke sumber energi bersih.

Tetapi fusi tidak mungkin membantu meningkatkan kemajuan yang merayap menuju emisi nol, setidaknya bukan tanpa pekerjaan tambahan untuk mewujudkannya, yang menurut sebagian besar ahli akan membutuhkan pengembangan selama beberapa dekade.

Artinya, terobosan bersejarah ini mungkin tidak akan membantu menggantikan bahan bakar fosil tradisional pada saat dunia menghadapi krisis pasokan energi yang mengakar sementara tingkat gas rumah kaca masih meningkat.

Baca Juga: Sargasum Bisa Diolah jadi Biogas, Pertamina Siap Dukung Inovasi Ciptakan Energi Terbarukan!

Setelah lebih dari 50 tahun, fusi nuklir akhirnya muncul spektakuler untuk menjadi sumber energi terbaru di dunia, nanun untuk penggunaan massal masih jauh. (Sumber: Lawrence Livermore Laboratory)

“Kita harus mengambil pendekatan yang positif tetapi skeptis,” kata Andrew Sowder, seorang eksekutif teknis senior di EPRI independen, nirlaba, sebelumnya dikenal sebagai Lembaga Penelitian Tenaga Listrik. "Anda harus menunjukkan bahwa Anda dapat mengambil energi dan mengubahnya menjadi sesuatu yang berguna."

Energi fusi dihasilkan dengan menyatukan atom-atom dan merupakan sumber tenaga bintang, yang gravitasinya sangat besar menghancurkan atom-atom hidrogen untuk membentuk helium.

Ada perbedaan antara fusi dan fisi nuklir. Dengan fusi, tidak ada limbah radioaktif berumur panjang, sangat kontras dengan teknologi fisi yang saat ini digunakan di reaktor nuklir untuk menghasilkan listrik.

Para peneliti di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore Departemen Energi menggunakan laser untuk membombardir isotop hidrogen yang disimpan dalam keadaan plasma super panas untuk menggabungkannya menjadi helium, melepaskan energi neutron dan bebas karbon dalam prosesnya.

Reaksi tersebut menghasilkan sekitar 2,5 megajoule energi, dibandingkan dengan 2,1 megajoule yang digunakan untuk menyalakan laser, menjadi perolehan energi bersih yang diupayakan para ilmuwan selama beberapa dekade terakhir.

Selama ini, energi yang dibutuhkan selalu lebih besar dari energi yang dihasilkan, namun sekarang ilmuwan berhasil membuat agar energi yang dihasilkan lebih besar dari energi yang dibutuhkan.

Untuk mengeluarkan teknologi ini dari lab, sistem fusi harus terjangkau dan mudah dibuat. Namun, tes Lawrence Livermore menggunakan beberapa laser paling kuat yang pernah dibuat: Mereka besar, mahal, dan tidak tersedia untuk penggunaan massal, sehingga sulit untuk mengubah pencapaian teknis ini menjadi bisnis yang sukses.

“Fakta bahwa Anda punya perolehan energi bersih tidak berarti Anda akan memiliki perangkat komersial di pasar,” kata Chris Gadomski, kepala analis nuklir untuk BloombergNEF. "Ya, kita sekarang punya fusi, tetapi berapa biayanya?"

Tetap saja, pengumuman tersebut harus mengeluarkan dana lebih lanjut dan dukungan untuk program pengembangan teknologi sipil, kata Stephen Dean, presiden Fusion Power Associates, sebuah perusahaan nirlaba untuk kepentingan publik.

 



Sumber : Straits Times/Bloomberg


BERITA LAINNYA



Close Ads x