Kompas TV internasional kompas dunia

Pele Membaik, Sadar dan Stabil tapi Belum Boleh Meninggalkan Rumah Sakit

Kompas.tv - 13 Desember 2022, 10:59 WIB
pele-membaik-sadar-dan-stabil-tapi-belum-boleh-meninggalkan-rumah-sakit
Legenda sepak bola Brazil, Pele (kanan) berfoto bersama putrinya, Kely Nacimento, saat menjalani perawatan di rumah sakit. (Sumber: TWITTER.COM/MIRRORFOOTBALL)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Setelah dirawat hampir dua minggu, kesehatan legenda sepak bola Brazil Pele terus membaik. Namun, belum ada jadwal yang ditetapkan kapan dia bisa keluar dari rumah sakit di Sao Paulo. 

Mengutip Antara, Pele, yang kini berumur 82 tahun, dianggap sebagai pesepakbola terhebat sepanjang masa, dirawat di rumah sakit sejak 29 November untuk apa yang disebut tim medisnya sebagai evaluasi ulang perawatan kemoterapi, yang telah dia jalani sejak operasi mengangkat tumor usus besar pada September 2021.

Dokter juga mendiagnosisnya mengalami infeksi pernapasan.

Baca Juga: Legenda Brasil Pele Dirawat di RS tapi Stabil, Penggemar Beri Support dari Qatar

"Belum ada tanggal yang ditetapkan untuk meninggalkan rumah sakit, namun kondisi klinis pasien terus membaik, terutama infeksi pernafasan," kata pihak rumah sakit dalam sebuah pernyataan.

"Dia tetap di kamar standar, sadar dan dengan tanda-tanda vital yang stabil."

Putri Pele Kely Nascimento dan Flavia Arantes telah berusaha meyakinkan para penggemarnya tentang kesehatannya dan menyangkal laporan bahwa dia telah ditempatkan dalam ruang perawatan akhir hayat.


Nascimento, yang tinggal di Amerika Serikat, memposting sepasang foto dari rumah sakit di Instagram pada hari Senin, termasuk salah satu tangannya memegang tangan ayahnya, dengan pesan: "Saya tiba."

Pele - yang bernama asli Edson Arantes do Nascimento - mencetak lebih dari 1.000 gol dalam salah satu karier paling bersejarah dalam olahraga. Dia adalah satu-satunya pemain dalam sejarah yang memenangkan tiga Piala Dunia (1958, 1962 dan 1970).

Pele telah dalam kondisi kesehatan yang rapuh dalam beberapa tahun terakhir, dan penampilan publiknya semakin jarang. Tapi dia tetap aktif di media sosial.

Dia secara teratur memposting via online selama Piala Dunia, termasuk pesan dukungan untuk bintang Brazil saat ini Neymar setelah "Selecao" tersingkir dari turnamen di Qatar dalam kekalahan perempat final dari Kroasia Jumat.

Baca Juga: Pele Dilarikan ke Rumah Sakit, Putri Kandung Pastikan Tidak Ada Keadaan Darurat

"Teruslah menginspirasi kami," kata Pele kepada striker Paris Saint-Germain (PSG) berusia 30 tahun itu, yang menyamai rekor 77 golnya untuk Brazil selama pertandingan.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x