Kompas TV internasional kompas dunia

Banksy Muncul Spektakuler di Ukraina, Muralnya Tampil di Lokasi Perang Kota Brodyanka, Ukraina

Kompas.tv - 13 November 2022, 06:40 WIB
banksy-muncul-spektakuler-di-ukraina-muralnya-tampil-di-lokasi-perang-kota-brodyanka-ukraina
Banksy, seniman jalanan spektakuler Inggris yang menutup sangat rapat jati dirinya muncul spektakuler di Ukraina melalui karya muralnya. Banksy selalu membuat sendiri karya mural di manapun dia berkarya. (Sumber: Frakfurter Bundschau)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BORODYANKA, KOMPAS.TV - Banksy, seniman jalanan spektakuler Inggris yang menutup sangat rapat jati dirinya muncul spektakuler di Ukraina melalui karya muralnya. Banksy selalu membuat sendiri karya mural di manapun dia berkarya.

Seperti laporan Straits Times, Sabtu (12/11/2022), Banksy melukis karya seni mural di sebuah bangunan yang dibom di luar ibu kota Ukraina, yang oleh orang Ukraina dipuji sebagai simbol tak terkalahkannya negara mereka.

Pada hari Jumat (11/11/2022) malam, seniman grafiti terkenal di dunia itu memposting tiga gambar karya seni mural di Instagram, yaitu seorang pesenam melakukan handstand di tengah reruntuhan bangunan yang dihancurkan di kota Borodyanka barat laut ibu kota Ukraina, Kiev.

Judulnya berbunyi "Borodyanka, Ukraina".

Bersama dengan kota-kota seperti Bucha dan Irpin, Borodyanka sangat terpukul oleh pemboman Rusia dan menjadi simbol kehancuran yang ditimbulkan oleh serangan Moskow sejak Februari.

Baca Juga: Ukraina Beri Sinyal Teruskan Serangan Balik terhadap Pasukan Rusia usai Kherson Jatuh

Banksy, seniman jalanan spektakuler Inggris yang menutup sangat rapat jati dirinya muncul spektakuler di Ukraina melalui karya muralnya. Banksy selalu membuat sendiri karya mural di mana pun dia berkarya. (Sumber: Telegraph)

Kota itu diduduki sebentar oleh pasukan Rusia sebelum mereka mundur pada bulan April.

“Itu adalah simbol bahwa kita tidak bisa dipatahkan,” kata Oleksiy Savochka, 32 tahun, seperti dikutip Straits Times hari Sabtu, merujuk pada grafiti tersebut, “Dan negara kita tidak bisa dihancurkan.”

Sejumlah mural dalam gaya Banksy muncul di dalam dan sekitar Kiev, mendorong rakyat Ukraina berpikir seniman jalanan besar yang anonim itu hadir langsung di Ukraina dan mengerjakan seninya di Ukraina yang saat ini masih dilanda perang melawan Rusia.

Grafiti lain di Borodyanka, yang belum dikonfirmasi oleh Banksy, menunjukkan seorang anak laki-laki melemparkan seorang pria berseragam judo ke tanah.

Adegan itu bisa jadi merujuk pada pemimpin Rusia Vladimir Putin, yang merupakan penggemar seni bela diri.

Baca Juga: Kherson Direbut Kembali Ukraina 6 Pekan Usai Referendum, Pengamat: Kegagalan Luar Biasa bagi Rusia

Banksy, seniman jalanan spektakuler Inggris yang menutup sangat rapat jati dirinya muncul spektakuler di Ukraina melalui karya muralnya. Banksy selalu membuat sendiri karya mural di mana pun dia berkarya. (Sumber: Instagram/Banksy)

"Ini adalah anak kecil melawan orang tua dan dia dikalahkan, dia sudah dikalahkan," kata Bogdan Mashay, seorang jurnalis TV Ukraina berusia 30 tahun, dekat karya seni.

“Sulit dipercaya Banksy ada di sini di Borodyanka,” tambahnya.

Di sisi reruntuhan bangunan di Irpin, mural ketiga, juga belum dikonfirmasi oleh Banksy, menunjukkan seorang pesenam melakukan gerak pita meskipun tampaknya terluka dan mengenakan kerah leher.

Pada hari Jumat, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyatakan Kherson "milik kita" setelah Rusia menarik pasukan dari kota selatan yang strategis itu.

Kherson adalah pusat kota besar pertama yang jatuh setelah Putin memerintahkan pasukan Rusia ke Ukraina pada 24 Februari.



Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x