Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Ukraina Beri Sinyal Teruskan Serangan Balik terhadap Pasukan Rusia usai Kherson Jatuh

Kompas.tv - 12 November 2022, 22:30 WIB
ukraina-beri-sinyal-teruskan-serangan-balik-terhadap-pasukan-rusia-usai-kherson-jatuh
Ukraina tidak memberikan tanda-tanda akan menghentikan serangan mereka untuk musim dingin, atau membiarkan perang berakhir menjadi jalan buntu usai Kherson jatuh menyusul penarikan mundur pasukan Rusia. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV – Ukraina tidak memberikan tanda-tanda akan menghentikan serangan mereka untuk musim dingin, atau membiarkan perang berakhir menjadi jalan buntu saat pasukan Ukraina bergembira mengibarkan bendera nasional mereka di atas Kherson setelah mundurnya Rusia secara menyeluruh dari wilayah Kherson.

Seperti laporan New York Times, Sabtu (12/11/2022), di timur, pasukan Ukraina terus bergerak maju dan berulang kali menangkis upaya Rusia untuk merebut kota-kota seperti Bakhmut dan Pavlivka, yang dilaporkan menewaskan ratusan tentara Rusia.

Di selatan, mereka menyerang jauh di belakang garis Rusia, menyerang pasukan Moskow sebelum mereka dapat menetap dan membangun pertahanan di tepi timur Sungai Dnieper, di seberang Kherson.

Dan ada petunjuk yang berkembang dari pasukan di lapangan, dan sukarelawan yang dekat dengan mereka, Ukraina sedang mempersiapkan serangan darat baru antara kedua front tersebut, ke selatan melalui wilayah Zaporizhzhya menuju Melitopol, menantang cengkeraman Rusia di seluruh wilayah selatan dalam serangan yang dimulai pada bulan Februari.

“Logika perang bukanlah untuk berhenti dan entah bagaimana terus bergerak maju,” kata Letnan Senior Andriy Mikheichenko, komandan unit anti-tank yang membela kota Bakhmut, di wilayah Donbas timur. "Saya pikir akan ada serangan balik ke arah lain, sehingga musuh tidak punya waktu untuk mentransfer cadangan dan memblokir serangan."

Banyak analis dan diplomat berbicara tentang perang yang memasuki periode statis selama musim dingin, lantaran kedua militer perlu membangun kembali kekuatan mereka.

Beberapa pemimpin, terutama, Jenderal Mark Milley, Kepala Staf Gabungan AS, pada hari Kamis memberi indikasi bahwa jeda pertempuran akan menjadi saat yang tepat untuk perundingan.

Tetapi pemerintah di Kiev, ibu kota Ukraina, bersikeras bahwa jalan buntu hanya akan memperkuat keuntungan Rusia sambil menunjukkan jika kondisi harus memaksa Ukraina untuk memperlambat serangannya, ia tidak berencana untuk menghentikan gerak maju pasukannya.

Baca Juga: Rusia Tarik Pasukannya, Inilah Momen Bahagia Warga Kota Kherson Kibarkan Bendera Ukraina!

Warga Ukraina berkumpul di pusat kota Kyiv atau Kiev untuk merayakan direbutnya kembali kota Kherson, Ukraina, Jumat, 11 November 2022. (Sumber: AP Photo/Bernat Armangue)

Ada banyak prediksi yang saling bertentangan oleh analis militer dan lainnya, di dalam dan di luar Ukraina, tentang apa yang akan terjadi selanjutnya, dan tentara Ukraina sering senang dengan kemampuan komando militer mereka karena mampu mengaburkan rencana dan membuat semua orang menebak-nebak.

Penarikan garis depan baru ke bagian selatan Dnieper, dengan kedua belah pihak mengendalikan tepian yang berlawanan, pada dasarnya akan menghentikan front Kherson, kata para analis militer.

Lebar sungai yang sangat besar dan kerusakan parah pada jembatan utama Antonivksy akibat mundurnya pasukan Rusia membuat sangat sulit dan berisiko bagi pasukan Ukraina untuk mencoba mengejar pasukan Rusia yang mundur di seberang sungai.

Ada bukti bahwa Ukraina terus menyerang jauh di belakang garis Rusia, dengan laporan adanya serangan roket Ukraina terhadap pasukan Rusia yang melakukan konsolidasi pasukan di beberapa lokasi di sepanjang tepi timur, dan serangan dalam beberapa hari terakhir di kota selatan Melitopol dan Henichesk, dekat pantai Laut Hitam yang berjarak lebih dari 60 km dari garis depan pertempuran.

Pasukan khusus dan pasukan partisan Ukraina diduga akan mempertahankan momentum stabil serangan skala kecil di belakang garis Rusia, kata Justin Bronk, seorang peneliti senior dalam ilmu militer di Royal United Services Institute, sebuah organisasi analisis pertahanan di London.

Satu kubu komentator, yang terdiri dari mantan prajurit militer Barat yang mengikuti perang dengan cermat dan mengutip teman-teman di antara mereka yang berperang, sudah memperkirakan bahwa Ukraina akan membuat keuntungan lebih lanjut di selatan, ketika moral dan organisasi Rusia dilaporkan menurun.




Sumber : New York Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x