Kompas TV internasional kompas dunia

8 Tewas di Somalia saat Kelompok Militan Menyerang Hotel Kota Pelabuhan Kismayo

Kompas.tv - 24 Oktober 2022, 05:45 WIB
8-tewas-di-somalia-saat-kelompok-militan-menyerang-hotel-kota-pelabuhan-kismayo
Delapan orang tewas setelah gerilyawan hari Minggu, (23/10/2022) menyerbu sebuah hotel di kota pelabuhan Kismayo, Somalia (Sumber: AP Graphics)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MOGADISHU, KOMPAS.TV — Delapan orang tewas setelah gerilyawan menyerbu sebuah hotel di kota pelabuhan Kismayo, Somalia, seperti laporan Associated Press, Senin (24/10/2022).

Serangan itu dimulai dengan bom bunuh diri pada hari Minggu (23/10/2022), sebelum orang-orang bersenjata masuk secara paksa dan baku tembak dengan pasukan keamanan.

Kelompok ekstremis Islam al-Shabaab mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, dengan mengeklaim anggota mereka berhasil menembus Hotel Tawakal.

Pasukan keamanan dari negara bagian Jubaland di Somalia selatan kemudian mengakhiri pengepungan, menewaskan orang-orang bersenjata dan menyelamatkan banyak orang, media pemerintah melaporkan.

Belum ada data resmi mengenai korban, tetapi seorang dokter di Rumah Sakit Kismayo mengatakan kepada The Associated Press, dia melihat jenazah delapan orang, empat di antaranya adalah personel keamanan.

Sedikitnya 41 orang terluka dalam serangan itu, kata dokter, yang berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk membocorkan informasi tersebut.

Baca Juga: Somalia Umumkan Berhasil Membunuh Pentolan Nomor Dua Kelompok Teror Al-Shabaab

Ilustrasi. Seorang serdadu Somalia yang berpatroli di luar Hotel Hayat, Mogadishu, Sabtu (20/8/2022). (Sumber: Farah Abdi Warsameh/Associated Press)

Wartawan dicegah mendekati lokasi serangan.

Rekaman yang dibagikan di media sosial menunjukkan ambulans mengumpulkan yang terluka dari luar hotel di pusat Kismayo.



Sumber : Asociated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x