Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Ultah ke-70, Putin Dikasih Kado Traktor oleh Lukashenko, Maksudnya Apa?

Kompas.tv - 8 Oktober 2022, 15:35 WIB
ultah-ke-70-putin-dikasih-kado-traktor-oleh-lukashenko-maksudnya-apa
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko di St. Petersburg, 25 Juni 2022. Sabtu (25/6/2022). Lukashenko memberi Putin kado ulang tahun berupa sebuah traktor. (Sumber: Maxim Blinov, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

ST. PETERSBURG, KOMPAS.TV - Presiden Rusia Vladimir Putin ternyata beroleh kado yang tak disangka-sangka ketika berulang tahun yang ke-70 pada Jumat (7/10/2022) kemarin. Oleh Presiden Belarusia Aleksandar Lukashenko, salah satu dari segelintir sekutunya di tengah perang, Putin diberi kado sebuah traktor.

Menurut laporan Associated Press, Lukashenko memberi hadiah tak terduga itu ketika bertemu Putin di Istana Konstantin, St. Petersburg. Sang Presiden Belarusia membawa langsung sertifikat kepemilikan kendaraan itu.

Baca Juga: Pakai Traktor, Petani Ukraina Curi Tank Tempur Rusia!

Hadiah traktor diberikan karena kendaran itu adalah kebangaan industri Belarusia sejak era Uni Soviet, saat Belarusia dan Rusia masih sebadan.

Kepada reporter di lokasi, Lukashenko menyebut traktor yang ia berikan ke Putin satu jenis dengan traktor yang digunakannya di kebunnya.

Tidak diketahui bagaimana respons Putin saat mendapat hadiah traktor. Sang Presiden Rusia pun tidak menyinggung hadiah Lukashenko dalam pidato di St. Peterseburg yang disiarkan televisi.

Dalam pidato itu, Putin bilang bahwa diperlukan perundingan untuk membahas cara-cara menyelesaikan konflik antara negara-negara bekas Soviet.

Putin juga menekankan diperlukannya pertukaran informasi untuk melawan terorisme, peredaran narkoba, dan tindak kriminal lain.

Baca Juga: Mesra, Kim Jong-Un Kirimi Vladimir Putin Ucapan Selamat Ulang Tahun ke-70


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x